Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Keberfungsian Keluarga dengan Kecenderungan Kecanduan Online Game pada Siswa Pengguna Online Game di SMA Negeri 1 Grabag

Weningsih, Ratri and Dewi, Endah Kumala (2023) Hubungan antara Keberfungsian Keluarga dengan Kecenderungan Kecanduan Online Game pada Siswa Pengguna Online Game di SMA Negeri 1 Grabag. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Ratri Weningsih_15000118120068_Abstrak.pdf

Download (41kB)

Abstract

Kecenderungan kecanduan online game merupakan penggunaan online game yang berlebihan dan berulang, serta kesulitan mengendalikan aktivitas tersebut yang akan memberikan dampak negatif. Keluarga berdasarkan tinjauan teoritis dapat menjadi salah satu titik kritis dalam memahami perilaku maladaptif remaja, seperti pada kecenderungan kecanduan online game. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti korelasi antara keberfungsian keluarga dengan kecenderungan kecanduan online game pada Siswa Pengguna Online Game SMA Negeri 1 Grabag. Teknik sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan populasi sebanyak 468 siswa dari kelas X dan XI. Sedangkan, subjek pada penelitian ini yang sesuai dengan kriteria khusus sebanyak 235 subjek, yaitu siswa pengguna online game dalam kurun waktu enam bulan terakhir dari penelitian dilakukan. Metode kuantitatif penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan alat ukur berupa Skala Keberfungsian Keluarga (39 aitem, α= 0,946) dan Indonesian Online Game Addiction Questionnaire (7 aitem, α= 0,745). Hasil pengujian korelasi statistik non parametrik Spearman Rho dengan bantuan SPSS 26.0 menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel bersifat negatif dengan kekuatan rendah (rs = -0,279, p < 0,05). Semakin tinggi nilai keberfungsian keluarga pada siswa pengguna online game di SMA Negeri 1 Grabag maka semakin rendah tingkat kecenderungan kecanduan online game dan berlaku sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:22
Last Modified: 09 Jun 2023 07:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item