NUGRAHA, ADITYA (2023) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA NASABAH PT BPR BKK PURWODADI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (770kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Download (885kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (243kB) |
Abstract
Banyaknya Lembaga keuangan yang ada di Kabupaten Grobogan membuat PT
BPR BKK Purwodadi ingin memenangkan persaingan. Salah satu caranya dengan
memiliki tingkat kepuasan nasabah yang tinggi. Kepuasan nasabah yang tinggi
dapat dipengaruhi oleh keragaman produk dan kualitas pelayanan yang baik.
Kenyataannya, tidak semua Lembaga keuangan memiliki kepuasan nasabah yang
tinggi termasuk PT BPR BKK Purwodadi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh antara keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah PT BPR BKK Purwodadi. Teknik pengambilan data
menggunakan kuesioner dengan Teknik non probability sampling dengan metode
purposive sampling. Penyebaran kuesioner dengan cara offline (secara langsung)
dan online. Cara online dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner
menggunakan Google Form melalui social media, sedangkan offline dilakukan
secara langsung dengan responden. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah
100 responden yang menjadi nasabah PT BPR BKK Purwodadi. Metode analisis
data menggunakan SPSS for windows versi 25.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan keragaman produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan keragaman produk dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Adapun
saran yang diberikan kepada pihak PT BPR BKK Purwodadi pada aspek keragaman
produk khususnya dalam varian produk jenis kredit dan menjaga konsistensi
produk. Sedangkan dari aspek kualitas pelayanan seperti jumlah tempat duduk,
penataan ruang tunggu, perhatian karyawan, daya tanggap karyawan. Sedangkan
dari aspek kepuasan nasabah perlu adanya peningkatan keragaman produk
tabungan, peningkatan keragaman produk kredit dan kualitas pelayanan yang
beragam dan berkualitas.
Kata kunci: Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 06:52 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 06:52 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |