Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CULTURE SHOCK TERHADAP KEJADIAN STRESS DALAM PERUBAHAN METODE PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO ASAL KABUPATEN SAMOSIR DI MASA PANDEMI COVID-19

NAIBAHO, ELKIMA (2023) PENGARUH CULTURE SHOCK TERHADAP KEJADIAN STRESS DALAM PERUBAHAN METODE PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO ASAL KABUPATEN SAMOSIR DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ELKIMA.pdf - Published Version

Download (483kB)

Abstract

Di masa pandemi, perubahan metode pendidikan dapat menyebabkan siswa menghadapi masalah atau stres. Stres yang terjadi di lingkungan akademik dan dunia pendidikan disebut stres akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh culture shock terhadap stres pada mahasiswa yang mengalami perubahan pola belajar dan tingkat stres di Universitas Diponegoro asal Samosir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan strategi non random sampling dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Diponegoro yang berjumlah 52 orang asal Samosir. Uji statistik rank Spearman digunakan dalam pengolahan data untuk uji univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Diponegoro asal Samosir memiliki nilai p-value 0,000 (<0,005), yang secara statistik signifikan terhadap hubungan antara kejadian stres dengan tingkat culture shock, namun tidak ada hubungan antara kejadian stres dengan jenis kelamin atau tahun masuk dengan nilai p 0,262 (> 0,005). Rekomendasi bagi institusi untuk memantau siswa yang menunjukkan gejala terkait stres.
Kata Kunci : Culture Shock, Stres, Metode Pembelajaran, Mahasiswa, Pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:36
Last Modified: 05 Jun 2023 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item