Search for collections on Undip Repository

Analisis Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Kegiatan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Trimulyo Kota Semarang

DEWI, DESY KUMALA (2022) Analisis Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Kegiatan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Trimulyo Kota Semarang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia permasalahan kemiskinan tidak pernah habis untuk dibahas, terutama pada permasalahan akan perumahan karena pada dasarnya rumah sebagai kebutuhan papan. Sejalan dengan Permensos Nomor 20 Tahun 2017 tentang Permensos Rutilahu dan Sarling demi mengatasi permasalahan kemiskinan, dalam pelaksanaannya terutama pemberian bantuan kegiatan R-RTLH di Kelurahan Trimulyo Kota Semarang masih ditemui permasalahan mengenai tidak tercapainya target jumlah rumah yang akan direhabilitasi. Tujuan penelitian ini : (1) menganalisis prosedur atau mekanisme implementasi bantuan kegiatan R-RTLH di Kelurahan Trimulyo serta (2) menganalisis faktor pendorong dan penghambat implementasi bantuan kegiatan R-RTLH di Kelurahan Trimulyo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus dari penelitian Implementasi Kegiatan R-RTLH, dan lokus Kelurahan Trimulyo Kota Semarang serta menggunakan teori implementasi kebijakan menurut George C. Edwards III berupa Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi/Sikap Perilaku, serta Struktur Birokrasi. Teknik pengumpulan data dengan pengumpulan data primer berupa wawancara, observasi dilapangan, dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan informan 1 orang Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang bidang RURS, Lurah Trimulyo, Camat Genuk, Koordinator BKM, Ketua Gapensi Kota Semarang, 3 orang Ketua RT di Kelurahan Trimulyo, serta 3 orang masyarakat penerima bantuan kegiatan R-RTLH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi bantuan kegiatan R-RTLH di Kelurahan Trimulyo belum optimal. Adapun faktor penyebabnya adalah komunikasi dan sosialisasi kegiatan belum maksimal, anggaran dana terbatas, kurangnya SDM, keterampilan SDM terbatas, pencairan dana lambat, rendahnya kemampuan masyarakat terhadap bantuan, kurangnya respon yang baik terhadap masyarakat, konsistensi pelaksana yang kurang, serta penerimaan pengajuan bantuan yang lama. Diperlukan beberapa upaya seperti komitmen yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan kegiatan, serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi pihak terlibat untuk saling bersinergi agar kegiatan berjalalan dengan baik dan berdampak positif bagi penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Trimulyo Kota Semarang.
Kata Kunci : Kemiskinan, Implementasi Kebijakan, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 May 2023 06:36
Last Modified: 30 May 2023 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13197

Actions (login required)

View Item View Item