Search for collections on Undip Repository

PENGEMBANGAN E-PBB DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA BPPKAD KABUPATEN WONOSOBO)

MOCHAMAD, DIMAS ANDY (2022) PENGEMBANGAN E-PBB DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA BPPKAD KABUPATEN WONOSOBO). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (662kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Laporan Tahunan 2019 Ombudsman menjelaskan bahwa pelayanan Pajak Bumi dan Bangunanditemukan masalah yaitu rendahnya akurasi data, akuntabilitas, dan sistem digitalisasi. Sehingga pada tahun 2019 Kabupaten Wonosobo melakukan pengembangan E-PBB yang dapat mengatasi masalah tersebut sertamempercepat pelayanan dan membantu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di masa Pandemi COVID-19.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan E-PBB yang dilakukan oleh BPPKAD Kabupaten Wonosobo dan menganalisis elemen sukses dalam mendukung pengembangan E-PBB. Upaya untuk menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dianalisis dengan teori pengembangan dan elemen sukses e-government menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah pegawai BPPKAD Kabupaten Wonosobo Bidang Pengelolaan PBB dan BPHTB. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan E-PBB dilaksanakan dengan menerapkan lima elemen sukses yang mendukung kesuksesannya yaitu kepemimpinan, dukungan, inovasi, manfaat, dan kapasitas. Namun pengembangan E-PBB masih memiliki kendala dan hambatan yaitu kurangnya diklat, E-PBB masih berbentuk laman, anggaran pengembangan yang direalokasi sehingga menyebabkan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi yaitu meningkatkan kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya organisasi, menciptakan aplikasi E-PBB, menyelenggarakan diklat teknis TIK secara berkelanjutan, dan menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat.
Kata Kunci : Pengembangan E-PBB; Elemen Sukses;E-Government; dan PAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 May 2023 06:27
Last Modified: 30 May 2023 06:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item