Search for collections on Undip Repository

Kontribusi Asupan Zat Gizi Makro dan Pendapatan Keluarga terhadap Status Gizi Anak dan Remaja Penyandang Disabilitas Intelektual: Scoping Review

Rebecca Suwito, Maria and Widyastuti, Nurmasari and Rahadiyanti, Ayu and Anjani, Gemala Kontribusi Asupan Zat Gizi Makro dan Pendapatan Keluarga terhadap Status Gizi Anak dan Remaja Penyandang Disabilitas Intelektual: Scoping Review. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Maria.pdf

Download (171kB)

Abstract

Latar belakang: Masalah terkait pemberian makan (eating and feeding problems) yang sering dialami oleh anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual dapat berdampak pada asupan zat gizi tidak adekuat yang berpotensi memburuk menjadi malnutrisi. Pendapatan keluarga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kuantitas dan kualitas asupan makanan anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual.
Tujuan: Mengkaji penelitian terkini terkait kontribusi asupan zat gizi makro dan pendapatan keluarga terhadap status gizi anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual.
Metode: Penelusuran artikel berbahasa Inggris tahun 2012—2022 dilakukan pada database PubMed, ScienceDirect, dan Scopus dengan menggunakan kombinasi kata kunci “nutritional status”, “dietary intake”, “family income”, “intellectual disability”, dan “adolescent”.
Hasil: Didapatkan 9 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Studi literatur ini merangkum temuan tentang status gizi anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual, hubungan asupan makanan dan pendapatan keluarga dengan status gizi anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual, serta pengaruh faktor-faktor lainnya.
Simpulan: Asupan makanan yang tidak adekuat merupakan determinan dari masalah gizi pada populasi anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual. Pendapatan keluarga memengaruhi ketahanan pangan di tingkat keluarga, tetapi tidak dapat berdiri sendiri dalam memengaruhi status gizi anak dan remaja penyandang disabilitas intelektual.
Kata kunci: status gizi; asupan makanan; pendapatan keluarga; disabilitas intelektual; remaja

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 May 2023 04:24
Last Modified: 30 May 2023 04:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item View Item