Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro dan Kebiasaan Tidur dengan Gangguan Siklus Menstruasi pada Atlet Remaja Putri

Fadhila Haerudin, Farah and Fithra Dieny, Fillah and Purwanti, Rachma and Rahadiyanti, Ayu Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro dan Kebiasaan Tidur dengan Gangguan Siklus Menstruasi pada Atlet Remaja Putri. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Farah.pdf

Download (171kB)

Abstract

Latar Belakang : Permasalahan pada atlet remaja putri sampai saat ini masih lebih kompleks dibandingkan dengan atlet putra. Salah satu permasalahan yang ada yaitu gangguan siklus menstruasi. Kekurangan asupan zat gizi mikro dan kebiasaan tidur merupakan faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan siklus menstruasi.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan asupan zat gizi mikro dan kebiasaan tidur dengan gangguan siklus menstruasi pada atlet remaja putri.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dan dilaksanakan pada bulan November 2022-Januari 2023 di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang dan Kabupaten Magelang. Subjek penelitian yang digunakan ialah atlet remaja putri dengan usia 14-19 tahun yang berada di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Variabel terikat pada penelitian ini adalah gangguan menstruasi, sedangkan variabel bebas adalah asupan zat gizi mikro (zat besi, kalsium, dan magnesium) dan kebiasaan tidur. Variabel perancu adalah asupan lemak, asupan serat, IMT, dan persen lemak tubuh. Data asupan zat gizi diperoleh melalui SQFFQ, kebiasaan tidur menggunakan kuesioner PSQI, data antropometri menggunakan timbangan dan microtoise, serta gangguan siklus menstruasi dengan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji chi square dan Fisher’s exact.
Hasil : Terdapat 29,9% atlet remaja putri yang mengalami gangguan siklus menstruasi dengan jenis terbanyak yaitu oligomenorea. Gangguan menstruasi lebih banyak dijumpai pada subjek dengan asupan lemak berisiko (30,9%) dibandingkan subjek dengan asupan lemak tidak berisiko (16,7%), lebih banyak dijumpai pada subjek dengan durasi tidur kurang (31,8%) dibandingkan subjek dengan durasi tidur cukup (23,8%). Namun, hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan asupan zat gizi makro, zat gizi mikro, dan kebiasaan tidur dengan gangguan siklus menstruasi pada altet remaja putri (p>0,05).
Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara zat gizi mikro dan kebiasaan tidur dengan gangguan menstruasi.

Kata Kunci : status gizi, gangguan siklus menstruasi, zat gizi mikro, kebiasaan tidur, atlet remaja putri

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 May 2023 03:22
Last Modified: 30 May 2023 03:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13177

Actions (login required)

View Item View Item