Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK REMAJA DALAM PENCEGAHAN KEKURANGAN ENERGI KRONIK (Studi pada Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Semarang)

QOTHRUNNADA, ALISA (2023) PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK REMAJA DALAM PENCEGAHAN KEKURANGAN ENERGI KRONIK (Studi pada Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALISA.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Upaya pencegahan kekurangan energi kronik dapat dilakukan sejak remaja. Pengetahuan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap praktik seseorang. Dewasa ini Instagram menjadi platform media sosial yang banyak diminati kalangan remaja, khususnya remaja putri. Peningkatan pengetahuan pada remaja putri salah satunya bisa dilakukan dengan cara memberikan edukasi gizi yang efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu melalui media sosial Instagram. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah guna menganalisis pengaruh pemberian edukasi gizi melalui media sosial Instagram terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik remaja dalam pencegahan kekurangan energi kronik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental dengan rancangan pretest and posttest control group design. Total sampel yang digunakan adalah 70 responden dengan rincian 35 sampel untuk kelompok intervensi dan 35 sampel untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan praktik konsumsi gizi seimbang pada remaja meningkat setelah diberi perlakuan, sedangkan sikap, tingkat kecukupan energi, dan tingkat kecukupan protein tidak berubah.

Kata Kunci : remaja putri, edukasi gizi, instagram, pencegahan KEK, pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 May 2023 07:48
Last Modified: 24 May 2023 07:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item