Search for collections on Undip Repository

PROBLEMATIKA HUKUM TERKAIT PEER-TO-PEER LENDING (P2P LENDING) DALAM KEDUDUKANNYA SEBAGAI INSTRUMEN INVESTASI DAN FINTECH_058 DG 2023

FIRMANSYAH, BILAL and Saptono, Hendro and Turisno, Bambang Eko (2023) PROBLEMATIKA HUKUM TERKAIT PEER-TO-PEER LENDING (P2P LENDING) DALAM KEDUDUKANNYA SEBAGAI INSTRUMEN INVESTASI DAN FINTECH_058 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

P2P Lending merupakan fenomena kemajuan teknologi dan finansial yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Namun pelaksanaan P2P Lending dapat menimbulkan problematika hukum dengan adanya dua hubungan hukum berbeda secara langsung (superposisi). Penelitian ini bermaksud mengidentifikasi dan menganalisis problematika hukum P2P Lending dalam kedudukannya sebagai instrumen investasi dan Fintech. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif-empiris dengan pedoman Penelitian Hukum Empiris. Sumber data diperoleh melalui wawancarai secara Purposive Sampling dengan memilih OJK sebagai narasumber. Problematika hukum P2P Lending disebabkan oleh tidak adanya diferensiasi kedudukan P2P Lending sebagai instrumen investasi maupun Fintech. Pengaturan P2P Lending oleh OJK dengan menggabungkan istilah “pendanaan” dengan istilah “pinjaman” telah mengkonfirmasi adanya superposisi dalam P2P Lending. OJK juga memberikan aturan yang kabur terkait prinsip Syariah yang digunakan dalam P2P Lending Syariah. Prinsip Syariah dalam P2P Lending dapat digunakan sebagai pedoman untuk memisahkan kedudukan hukum P2P Lending. Diferensiasi P2P Lending sangat perlu dilakukan guna memberikan kedudukan hukum yang jelas dan pasti. Pemberian kuasa kepada Penyelenggara P2P Lending juga penting untuk diatur secara baku dan sesuai dengan ketentuan umum.

Kata Kunci: P2P Lending, Investasi, Fintech

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:14
Last Modified: 08 Nov 2023 04:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item