Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INDIVIDU, DUKUNGAN SOSIAL, JOB DEMAND, DAN JOB CONTROL DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI PROYEK KONSTRUKSI X SEMARANG

PERDAMAIAN, KRISHNA DWI PUTERA ANUGERAH (2023) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INDIVIDU, DUKUNGAN SOSIAL, JOB DEMAND, DAN JOB CONTROL DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI PROYEK KONSTRUKSI X SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO KRISHNA.pdf - Published Version

Download (498kB)

Abstract

Stres kerja adalah respon atau tanggapan tubuh individu secara keseluruhan, baik di dalam maupun di luar tubuh individu tersebut, yang terbukti memberikan dampak buruk. Faktor risiko stres kerja adalah faktor intrinsik (beban kerja, waktu kerja, rutinitas), peran individu, pengembangan karir, dukungan sosial, hubungan dalam pekerjaan, struktur dan iklim organisasi, serta faktor individu. Latar belakang penelitian ini adalah pekerja proyek konstruksi X Semarang memiliki tuntutan pekerjaan yang besar dengan tenggang waktu yang sedikit dengan job control yang sedikit. Hal tersebut berisiko menimbulkan terjadinya stres kerja pada pekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Antara Karakteristik Individu, Dukungan Sosial, Job demand, dan Job control Pada Pekerja Proyek Konstruksi X Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan survey analitik dengan pendekaran studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling dengan rumus besar sampel minimal menggunakan rumus Slovin. Sampel yang digunakan sebanyak 43 pekerja proyek konstruksi X Semarang dengan instrument penelitian berupa kuesioner baku GHQ-12, NGJSQ (NIOSH), dan TWASG – Demand and Control Questionnaire. Analisis data penelitian ini menggunakan univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian terhadap responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara usia (p=0,016), pendidikan (p=0,45), job demand (p=0,24), dan job control (p=0,001) terhadap stres kerja pada pekerja di proyek konstruksi X Semarang. Sedangkan pada variabel masa kerja (p=0,686) dan dukungan sosial (p=0,512) menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan terhadap stres kerja pada pekerja di proyek konstruksi X Semarang.

Kata kunci : stres kerja, faktor individu, dukungan sosial, job demand, job control, pekerja konstruksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 May 2023 08:01
Last Modified: 22 May 2023 08:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item