Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN TEST BED INSTALASI DAN INSTRUMENTASI SISTEM POMPA DAN KOMPRESOR UNTUK LAB. METROLOGI DAN INSTRUMENTASI (STUDI KASUS PENGUJIAN SISTEM POMPA PARALEL)

Pane, Dhia Nadhifa Tiara (2022) RANCANG BANGUN TEST BED INSTALASI DAN INSTRUMENTASI SISTEM POMPA DAN KOMPRESOR UNTUK LAB. METROLOGI DAN INSTRUMENTASI (STUDI KASUS PENGUJIAN SISTEM POMPA PARALEL). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Dhia Nadhifa Tiara Pane_40040218650021.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

RANCANG BANGUN TEST BED INSTALASI DAN INTRUMENTASI SISTEM POMPA DAN KOMPRESOR UNTUK LAB. METROLOGI DAN INSTRUMENTASI (STUDI KASUS PENGUJIAN SISTEM POMPA PARALEL)
Test bed merupakan sebuah papan pengujian untuk menunjukkan performa sebuah mesin. Prinsip kerja dari test bed ini terdiri dari sistem instalasi dan instrumentasi. Dalam realisasinya test bed dirancang dengan sistem bongkar pasang. Material untuk rancang bangun rangka test bed yaitu besi hollow dan material pada panel test bed yaitu plat galvanis. Komponen utama rancang bangun instalasi test bed ini yaitu pompa dengan sistem aliran paralel, watermur pada instalasi perpipaan, dan audio jack pada instalasi kelistrikan. Tujuan dilakukannya pengujian ini adalah untuk menghitung ke presisian alat instrumentasi pada test bed sistem pompa paralel dan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa peserta praktikum metrologi dan instrumentasi untuk memenuhi kompetensi fabrikasi, instalasi, dan instrumentasi. Pengujian ini menggunakan alat ukur manometer dan flowmeter. Untuk uji instrumentasi dilakukan analisa data standar deviasi, standar eror dan koefisien variasi. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan besar nilai pada tiap aspek kinerja alat ukur dalam pengukuran 1 menit menghasilkan tingkat presisi yang sangat baik untuk keseluruhan alat ukur. Tingkat presisi terendah adalah 95,6% untuk alat ukur manometer 2. Untuk alat ukur yang lain terdapat tingkat presisi > 95% ke atas. Untuk alat ukur manometer 1, 2, dan 3 serta flowmeter 1, 2, dan 3 mempunyai tingkat presisi yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Test Bed, pump, installation, instrumentation, data analysis
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:33
Last Modified: 11 Aug 2023 03:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12718

Actions (login required)

View Item View Item