Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro

Agustin, Dina and Sri Indrawati, Endang (2023) Hubungan antara Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Dina Agustin_15000119120034_Abstrak.pdf

Download (114kB)

Abstract

Mahasiswa yang mengerjakan skripsi cenderung mengalami kendala, salah satunya kendala prokrastinasi. Prokrastinasi adalah perilaku menunda pengerjaan tugas secara sadar. Fenomena ini ditemukan pada mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diketahui bahwa menunda mengerjakan atau prokrastinasi menjadi salah satu kendala dari terhambatnya penyelesaian Tugas Akhir atau TA pada mahasiswa Teknik Mesin Undip. Salah satu faktor yang dapat memunculkan prokrastinasi adalah perfeksionisme. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi penyelesaian skripsi. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa aktif Teknik Mesin Universitas Diponegoro angkatan 2016, 2017, 2018, atau 2019, sudah mengambil TA selama enam bulan atau lebih, dan tidak mengalami kendala kesehatan selama masa pengerjaan TA. Teknik sampel yang digunakan yakni convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Perfeksionisme (24 aitem, a = 0,892) dan Skala Prokrastinasi Penyelesaian Skipsi (22 aitem, a = 0,904). Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman Rho dengan hasil koefisien korelasi r_xy = 0,30 dan p = 0,808 (p>0,05) yang artinya tidak terdapat hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi penyelesaian skripsi pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro.

Kata kunci : perfeksionisme, prokrastinasi penyelesaian skripsi, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 15 May 2023 03:09
Last Modified: 15 May 2023 03:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12605

Actions (login required)

View Item View Item