Search for collections on Undip Repository

KOMERSIALISASI KARYA CIPTA LAGU TERHADAP COVER LAGU TANPA IZIN DI MEDIA SOSIAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014_004 DG 2023

PUTRI, ANDINI KUSUMA and Njatrijani, Rinitami and Turisno, Bambang Eko (2023) KOMERSIALISASI KARYA CIPTA LAGU TERHADAP COVER LAGU TANPA IZIN DI MEDIA SOSIAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014_004 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi internet yang semakin berkembang serta kreativitas manusia yang tidak terbatas memunculkan fenomena baru di dunia musik, yakni cover lagu. Dalam suatu karya cipta lagu, Pencipta ataupun Pemegang Hak Cipta mempunyai hak ekslusif yang melekat pada dirinya yaitu hak moral dan hak ekonomi terhadap lagu yang diciptakannya sehingga jika terdapat pihak yang hendak melakukan komersialisasi atas karya cipta lagu melalui kegiatan cover lagu di media sosial maka pihak tersebut harus memperoleh izin dari Pencipta ataupun Pemegang Hak Cipta berupa lisensi terlebih dahulu. Melakukan cover lagu milik orang lain sejatinya bukanlah merupakan sebuah pelanggaran, namun apabila dilakukan untuk kepentingan komersial tanpa izin maka hal tersebut merupakan suatu pelanggaran terhadap Hak Ekonomi yang dimiliki Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dari lagu tersebut. Penelitian ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap Pencipta atau Pemegang Hak Cipta atas komersialisasi karya cipta lagu terhadap cover lagu tanpa izin di media sosial dan akibat hukum terhadap pelaku pelanggaran komersialisasi cover lagu tanpa izin di media sosial.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yakni dengan mendekati masalah komersialisasi karya cipta lagu terhadap cover lagu tanpa izin dari segi hukum yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dengan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis dan data diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan atau studi pustaka yang kemudian dilakukan analisis data dengan kualitatif dengan sumber bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komersialisasi karya cipta lagu pada kegiatan cover lagu di media sosial tidak melanggar Hak Cipta jika bukan untuk kepentingan komersial serta apabila digunakan untuk kepentingan komersial harus mendapatkan izin berupa lisensi dan membayarkan royalty kepada Pencipta ataupun Pemegang hak cipta. Perlindungan hukum terhadap pencipta atau pemegang hak cipta atas komersialisasi cover lagu tanpa izin di media sosial dapat dilakukan dengan perlindungan hukum secara preventif dan represif melalui penyelesaian sengketa arbitrase atau Gugatan perdata yang diajukan ke Pengadilan Niaga serta tuntutan pidana yang diajukan ke Pengadilan Negeri dan melalui fitur yang tersedia di media sosial Youtube yakni ContentID. Akibat hukum yang ditimbulkan atas terjadinya pelanggaran Hak Cipta terkhusus cover lagu di media sosial ialah pelaku pelanggaran dapat dikenakan tuntutan ganti rugi apabila pencipta mengalami kerugian secara ekonomi, namun apabila pelaku pelanggaran tersebut tidak mampu membayar ganti rugi yang disebutkan pihak pengadilan maka tindakan ini otomatis akan dikenakan denda ataupun sanksi pidana sesuai dengan pelanggaran hak yang dilakukan pelaku pelanggaran.

Kata kunci : Komersialisasi, Cover Lagu, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komersialisasi, Cover Lagu, Media Sosial
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:01
Last Modified: 26 Oct 2023 08:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item