Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Celebrity Worship Dengan Perilaku Imitasi pada Remaja Penggemar K-pop

Rahawian, Hitakirana Rani and Qonitatin, Novi (2023) Hubungan Antara Celebrity Worship Dengan Perilaku Imitasi pada Remaja Penggemar K-pop. Undergraduate thesis, Undip.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Abstrak_Hitakirana Rani_15000117130124.pdf

Download (261kB)

Abstract

Masa remaja adalah masa pencarian identitas diri dimana perilaku imitasi terjadi. Di masa ini, remaja juga mengembangkan konsep dirinya. Konsep diri ideal remaja berasal dari figur yang dikagumi, dimana kekaguman yang berlebihan dapat berkembang menjadi pemujaan atau celebrity worship. Remaja dengan celebrity worship cenderung tidak memperhatikan dan secara tidak sadar memunculkan perilaku yang tidak terkendali serta kurang rasional seperti idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara celebrity worship dengan perilaku imitasi pada remaja penggemar K-pop. Sampel penelitian berjumlah 230 subjek yang didasarkan pada perhitungan G*Power dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku imitasi (27 aitem α = 0,905) dan skala celebrity worship (32 aitem α = 0,912). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji menunjukkan bahwa celebrity worship memiliki hubungan positif dengan perilaku imitasi (rxy = 0.709) dan dapat menjadi prediktor yang signifikan, p=0.000 (p<0.05). Semakin tinggi celebrity worship pada remaja maka semakin tinggi pula perilaku imitasi terhadap idol K-pop. Peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih jauh mengenai variabel serupa pada kelompok yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:00
Last Modified: 05 Feb 2024 08:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12543

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item