Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Persepsi terhadap Peran Gender dengan Mindful Parenting pada Ibu dari Anak Berkebutuhan Khusus di Komunitas Orangtua Hebat Kabupaten Brebes

Alfiatullail, Radlieta Syifa and Dewi, Kartika Sari (2023) Hubungan antara Persepsi terhadap Peran Gender dengan Mindful Parenting pada Ibu dari Anak Berkebutuhan Khusus di Komunitas Orangtua Hebat Kabupaten Brebes. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak_Radlieta Syifa Alfiatullail_Hubungan antara Persepsi terhadap Peran Gender dengan Mindful Parenting.pdf

Download (122kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris hubungan antara persepsi terhadap peran gender dengan mindful parenting pada ibu dari anak berkebutuhan khusus di Komunitas Orangtua Hebat Kabupaten Brebes. Fleksibilitas pada peran gender merupakan persepsi atau penilaian individu terhadap sifat, peran, dan perilaku diri sendiri atau orang lain di luar konsep gender tradisional. Mindful parenting merupakan pendekatan orangtua yang dicirikan oleh kesadaran tanpa adanya penghakiman dan berfokus pada saat ini dalam interaksi orangtua dengan anak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 89 orang dengan sampel penelitian sebesar 87 orang ibu dari anak berkebutuhan khusus (usia 24-54 tahun, M=35.72, SD=6,69). Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Karakteristik subjek dari penelitian yaitu seorang ibu, memiliki anak berkebutuhan khusus, terdaftar dalam Komunitas Orangtua Hebat, dan berdomisili di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan alat ukur Skala Mindfulness in Parenting Questionnaire (22 aitem; a=0,928) dan Skala Fleksibilitas pada peran gender (21 aitem; a=0,917). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, diperoleh koefisien korelasi 0,227 dengan p=0,034 (p<0,05) diketahui terdapat korelasi positif antara fleksibilitas pada peran gender dengan mindful parenting. Artinya, semakin tinggi fleksibilitas pada peran gender maka semakin tinggi pula mindful parenting. Fleksibilitas pada peran gender memberikan sumbangan efektif 5,2% pada mindful parenting.

Kata Kunci : Anak berkebutuhan khusus, mindful parenting, persepsi terhadap peran gender

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:58
Last Modified: 05 Feb 2024 07:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12533

Actions (login required)

View Item View Item