Search for collections on Undip Repository

PEMODELAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SIMULASI RUMAH VIRTUAL REALITY UNTUK RANCANG BANGUN INTERIOR

Pohan, Hisyam (2020) PEMODELAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SIMULASI RUMAH VIRTUAL REALITY UNTUK RANCANG BANGUN INTERIOR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Zaman sekarang dalam melakukan pemasaran rumah kepada calon pembeli dilakukan
dengan banyak cara, seperti menggunakan brosur yang merupakan informasi dalam bentuk gambar
dua dimensi sampai menggunakan maket yang mana informasi yang disampaikan berbentuk tiga
dimensi namun memiliki keterbatasan sudut pandang calon pembeli dalam melihat detail interior
suatu rumah. Dengan metode pemasaran tersebut, pengalaman yang didapat oleh calon pembeli
rumah dirasa kurang imerseif dan interaktif.
Permasalahan tersebut bisa dijawab dengan menggunakan media interaktif berupa virtual
reality. Maka dari itu dikembangkan suatu aplikasi Simulai Rumah menggunakan VR yang bernama
SiRumahVR. SiRumahVR perlu diuji oleh pengguna sehingga pengembang aplikasi mengetahui
bagaimana pengalaman yang dirasakan oleh pengguna setelah menggunakan SiRumahVR.
Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan parameter user experience honeycomb, yaitu
useful, useable, desirable, accessible, findable, dan credible. Kuesioner harus valid dan reliabel
maka kuesioner diuji menggunakan SPSS 24. Skala Likert digunakan sebagai alat ukur jawaban
dari masing-masing pertanyaan kuesioner.
Setelah menguji SiRumahVR kepada 30 responden, diperoleh kesimpulan bahwa pada
variabel user experience honeycomb yang menjadi parameter pengujian SiRumahVR mendapatkan
respon Sangat Baik untuk variable desireable, useful, findable, dan credible sedangkan variable
useable dan accessible mendapatkan respon Baik. Hasil percobaan menunjukkan bahwa aplikasi
SiRumahVR dinilai sangat baik untuk menjadi media pemasaran yang imersif dan interaktif, namun
harus ditingkatkan dari segi accessible agar pengguna dengan keterbatasan tertentu nyaman
menggunakan SiRumahVR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Rumah, Virtual Reality, SiRumahVR, User Experience Honeycomb, SPSS 24, Skala Likert.
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 03 May 2023 08:10
Last Modified: 31 May 2023 01:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item