Search for collections on Undip Repository

PENGEMBANGAN APLIKASI PARIWISATA SEMARANG DENGAN IMPLEMENTASI FIREBASE BERBASIS ANDROID

Ningrum, Rizki Oktavia (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI PARIWISATA SEMARANG DENGAN IMPLEMENTASI FIREBASE BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Semarang merupakan salah satu destinasi wisatawan Indonesia. Angka wisatawan yang
berkunjung ke Semarang semakin meningkat seiring dengan perkembangan tempat wisata baru di
wilayah Kota maupun Kabupaten Semarang. Pada 2015, Pemerintah Kota Semarang meluncurkan
aplikasi Pariwisata Semarang bernama Wis Semar. Aplikasi ini masih ditemukan kekurangan dari
segi penyajian informasi persebaran tempat wisata dan fasilitas umum dalam bentuk Peta dan
jangkuan informasi hanya wilayah Kota. Sementara itu, penyajian informasi wisata wilayah
Kabupaten masih berbasis Web resmi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Oleh karena
itu, diperlukan pengembangan aplikasi berbasis Android yang dapat menyajikan informasi wisata
dan fasilitas Umum wilayah Kota dan Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan memanfaatkan implementasi layanan Firebase
dan pustaka Google Maps API untuk menampilkan informasi persebaran dalam bentuk peta.
Pengembangan aplikasi Pariwisata Semarang menggunakan metode Waterfall. Aplikasi
ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java untuk perangkat berbasis Android.
Implementasi Firebase yang digunakan pada pengembangan yaitu Firebase Authentication,
Firebase Realtime Database dan Firebase Storage. Untuk informasi persebaran tempat
menggunakan pustaka Google Maps API.
Pengujian terhadap calon pengguna aplikasi menggunakan metode System Usability
Scale (SUS) yang merupakan kuisioner untuk mengukur kegunaan sebuah aplikasi atau sistem
komputer menurut sudut pandang subyektif pengguna. Hasil pengujian SUS aplikasi Pariwisata
adalah mendapatkan skor 76 atau B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Android, Firebase, Pariwisata, SUS
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 03 May 2023 07:04
Last Modified: 26 May 2023 08:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12494

Actions (login required)

View Item View Item