Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN KECUKUPAN ASUPAN ZAT GIZI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER III (STUDI DI PUSKESMAS KALIGANGSA KABUPATEN BREBES TAHUN 2022)

MUFTIH, AMALIA (2023) HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN KECUKUPAN ASUPAN ZAT GIZI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER III (STUDI DI PUSKESMAS KALIGANGSA KABUPATEN BREBES TAHUN 2022). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AMALIA MUFTIH.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Latar Belakang: Beberapa faktor penyebab kurangnya kadar hemoglobin pada ibu hamil yaitu usia dan paritas. Selain itu, kekurangan asupan zat gizi penting seperti protein, zat besi, asam folat, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, dan zinc berdampak pada menurunnya kadar hemoglobin pada ibu hamil. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara usia, paritas, dan kecukupan asupan zat gizi dengan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Kaligangsa Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Metode: Metode penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 36 ibu hamil trimester III. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, lembar SQ-FFQ, dan aplikasi nutrisurvey untuk mengetahui karakteristik dan asupan zat gizi ibu hamil. Kadar hemoglobin diukur oleh petugas Puskesmas dengan alat Spektofotometer. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Pearson apabila data berdistribusi normal dan uji korelasi Spearman apabila data berdistribusi tidak normal.
Hasil: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia dan paritas dengan kadar hemoglobin ibu hamil trimester III di Puskesmas Kaligangsa Kabupaten Brebes. Disamping itu, terdapat hubungan yang signifikan antara kecukupan asupan zat gizi (protein, zat besi, vitamin C, vitamin B6, dan zinc) dengan kadar hemoglobin ibu hamil trimester III di Puskesmas Kaligangsa Kabupaten Brebes.
Simpulan: Kadar hemoglobin ibu hamil trimester III dipengaruhi oleh usia, paritas, dan kecukupan asupan zat gizi.

Kata kunci : ibu hamil trimester III; kadar hemoglobin; kecukupan asupan zat gizi; usia; paritas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:11
Last Modified: 10 Apr 2023 02:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item