Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, JARAK PANDANG, DAN INTENSITAS PENCAHAYAAN DENGAN KELUHAN COMPUTER VISION SYNDROM (CVS) PEGAWAI TATA USAHA FAKULTAS PETERNAKAN UGM

HANDAYANI, NASTITI NUR (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, JARAK PANDANG, DAN INTENSITAS PENCAHAYAAN DENGAN KELUHAN COMPUTER VISION SYNDROM (CVS) PEGAWAI TATA USAHA FAKULTAS PETERNAKAN UGM. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NASTITI.pdf - Published Version

Download (496kB)

Abstract

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah sekelompok masalah terkait mata dan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan komputer dalam waktu lama. Keluhan ini banyak terjadi pada pekerjaan perkantoran atau administrasi, salah satunya pada bagian Tata Usaha Fakultas Peternakan UGM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik individu, jarak pandang, dan intensitas pencahayaan dengan keluhan Computer Vision Syndrome (CVS). Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode observasional dan pendekatan cross sectional. Cross sectional merupakan pengukuran variabel bebas dan terikat yang dilakukan sekali dan bersamaan saat dilakukan penelitian, dilakukan pada bulan Februari 2023 di bagian Tata Usaha Fakultas Peternakan UGM. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi penelitian ini ialah pegawai bagian Tata Usaha Fakultas Peternakan UGM sebanyak 85 pegawai yang selanjutnya dilakukan inklusi dan eksklusi menghasilkan 33 pegawai. Instrumen dari penelitian yaitu kuisioner dengan analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara durasi dan intensitas pencahayaan dengan keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) (p-value=0, 01, dan 0, 001) sedangkan tidak terdapat hubungan antara usia, jarak pandang dan refraksi mata dengan keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) (p-value=0, 126, 0,112 dan 0, 898). Simpulan penelitian ini yaitu durasi penggunaan komputer dan intensitas pencahayaan ruangan berpengaruh terhadap keluhan Computer Vision Syndrome (CVS)

Kata kunci: Usia, Refraksi Mata, Durasi, Jarak Pandang, Intensitas Pencahayaan, Computer Vision Syndrome (CVS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:29
Last Modified: 10 Apr 2023 01:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item