Search for collections on Undip Repository

Akses Pangan berhubungan dengan Konsumsi Makanan Energy-Dense Nutrient-Poor (EDNP) pada Remaja Putri

Vania Camilla Purba, Neysa and Fithra Dieny, Fillah and Sandi Wijayanti, Hartanti and Candra, Aryu Akses Pangan berhubungan dengan Konsumsi Makanan Energy-Dense Nutrient-Poor (EDNP) pada Remaja Putri. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Neysa.pdf

Download (93kB)

Abstract

Latar Belakang: Makanan Energy-Dense Nutrient-Poor (EDNP) adalah kelompok makanan tidak sehat yang mudah dijangkau oleh remaja dan salah satu faktor penyebab obesitas. Berbagai faktor dapat mempengaruhi jumlah konsumsi makanan EDNP.

Tujuan: untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi makanan EDNP pada remaja putri di SMA Swasta Cahaya Medan.

Metode: Desain penelitian cross-sectional dengan subjek 85 siswi usia 15-18 tahun dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diambil adalah karakteristik subjek, persentase asupan energi makanan EDNP, efek paparan media sosial, frekuensi dan durasi paparan konten makanan dan minuman, akses pangan EDNP, pengetahuan gizi, pengaruh teman sebaya, dan uang saku. Analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji korelasi Spearman.

Hasil: Efek paparan media sosial (p=0,683), pengaruh teman sebaya (p=0,188), alokasi uang saku untuk konsumsi (p=0,070), dan pengetahuan gizi (p=0,267) tidak berhubungan dengan total frekuensi konsumsi makanan EDNP. Akses pangan EDNP berhubungan dengan total frekuensi konsumsi makanan EDNP. Akses pangan EDNP membeli di warung makan, toko, restoran, dan takeaway memiliki nilai korelasi yang kuat (r=0,778).

Simpulan: Akses pangan EDNP berhubungan dengan total frekuensi konsumsi makanan EDNP.

Kata Kunci: Konsumsi EDNP, efek paparan media sosial, teman sebaya, uang saku, pengetahuan gizi, akses pangan EDNP

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item