Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS SIKLOSPORIN SEBAGAI SPARING AGENT TERHADAP PENGOBATAN REAKSI REVERSAL DAN ERITEMA NODOSUM LEPROSUM (Tinjauan Sistematik dan Meta-Analisis: Kajian Angka Kejadian Kesembuhan, Kekambuhan dan Efek Samping)

Harditawati, Rika and Riyanto, Puguh and Adriani Malik, Diah (2023) EFEKTIVITAS SIKLOSPORIN SEBAGAI SPARING AGENT TERHADAP PENGOBATAN REAKSI REVERSAL DAN ERITEMA NODOSUM LEPROSUM (Tinjauan Sistematik dan Meta-Analisis: Kajian Angka Kejadian Kesembuhan, Kekambuhan dan Efek Samping). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (RIKA HARDITAWATI-22040718310009-TESIS-ABSTRAK)
RIKA HARDITAWATI-22040718310009-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar belakang: Reaksi Morbus Hansen (MH) adalah salah satu komplikasi imunologi MH yang menyebabkan kerusakan saraf, deformitas, dan kecacatan. Reaksi yang sering terjadi adalah reaksi reversal (RR) dan eritema nodosum leprosum (ENL). Pengobatannya menggunakan prednisolon dosis tinggi, tetapi kekambuhan atau flare-up masih sering terjadi, sehingga pemberian prednisolon jangka panjang dapat menyebabkan efek samping. Hasil meta-analisis efektivitas siklosporin sebagai sparing agent dengan prednisolon pada RR dan ENL dibandingkan dengan pemberian prednisolon. Tinjauan sistematis dan meta-analisis menggunakan analisis RCT kualitatif dan kuantitatif.
Metode:Hasil pencarian melalui Medline Pubmed, Scopus, EBSCOhost, dan ProQuest, 4 artikel termasuk dalam tinjauan kualitatif, dan 4 artikel termasuk dalam meta-analisis.
Hasil:Meta-analisis menunjukkan risk ratio perbaikan RR pada kelompok siklosporin adalah tidak signifikan. Angka kejadian kekambuhan RR pada kelompok siklosporin adalah tidak signifikan. Hasil meta-analisis perbaikan ENL pada kelompok siklosporin adalah tidak signifikan (p=0,682). Angka kejadian kekambuhan ENL dilihat dari rata-rata episode flare-up didapatkan kelompok prednisolon lebih tinggi angka kejadian kekambuhan. Rata-rata episode flare-up kurang lebih sama pada kedua kelompok. Hasil angka kejadian kekambuhan ENL tidak signifikan. Hasil meta-analisis efek samping mayor dan minor siklosporin, odd rasio dengan p=0,280. Statistik untuk efek samping mayor dan minor adalah tidak signifikan.
Kesimpulan:Meta-analisis menunjukkan bahwa secara statistik tidak ada perbedaan signifikan pada pemberian siklosporin sebagai sparing agent terhadap RR dan ENL. Hasil analisis kualitatif bahwa siklosporin adalah alternatif kedua atau pilihan lain sebagai terapi untuk reaksi MH yang tidak respon atau memiliki efek samping terkait dengan prednisolon.

Kata kunci: Siklosporin, prednisolon, RR, ENL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Siklosporin, prednisolon, RR, ENL.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:57
Last Modified: 31 Mar 2023 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12291

Actions (login required)

View Item View Item