Search for collections on Undip Repository

Faktor – Faktor yang Memengaruhi Praktik Pemberian Makanan Prelakteal di Wilayah Kerja Puskesmas Tarokan Kabupaten Kediri

Suci Ramadhini Sujono, Mentari and Probosari, Enny and Nuryanto, Nuryanto Faktor – Faktor yang Memengaruhi Praktik Pemberian Makanan Prelakteal di Wilayah Kerja Puskesmas Tarokan Kabupaten Kediri. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Mentari Suci.pdf

Download (125kB)

Abstract

Latar belakang: Pemberian makanan prelakteal merupakan salah satu penyebab kegagalan ASI eksklusif dan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi ibu dan bayi. Banyak faktor yang dapat memengaruhi pemberian makanan prelakteal diantaranya faktor internal (pengetahuan, sikap, dan pekerjaan ibu) dan faktor eksternal (tradisi, pengaruh keluarga dan tenaga kesehatan).
Tujuan: Mengetahui faktor – faktor yang memengaruhi praktik pemberian makanan prelakteal di wilayah kerja Puskesmas Tarokan Kabupaten Kediri.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada 12 informan utama yaitu ibu yang memberikan makanan prelakteal kepada bayinya serta informan pendukung (keluarga dan bidan desa) untuk triangulasi data. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Hasil: Jenis makanan prelakteal yang diberikan berupa susu formula, madu, dan air madu yang diberikan antara satu jam hingga tiga hari setelah lahir. Alasan pemberian makanan prelakteal umumnya karena ASI belum keluar atau takut apabila ASI kurang. Faktor yang memengaruhi pemberian makanan prelakteal diantaranya faktor internal (pengetahuan dan sikap ibu) dan faktor eksternal (pengaruh keluarga dan tenaga kesehatan).
Kesimpulan: Faktor – faktor yang memengaruhi pemberian makanan prelakteal adalah faktor internal (pengetahuan dan sikap ibu) dan faktor eksternal (pengaruh keluarga dan tenaga kesehatan).
Kata kunci: makanan prelakteal, faktor internal, faktor eksternal

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 28 Mar 2023 05:41
Last Modified: 28 Mar 2023 05:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12213

Actions (login required)

View Item View Item