Search for collections on Undip Repository

EFEK OMENTOPLASTI PANKREAS TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN, KADAR IL-10 DAN NILAI HOMA-IR PADA TIKUS DIABETES OBESE SETELAH DILAKUKAN SLEEVE GASTRECTOMI

Putranto, Indra Kusuma Adi and Nugroho, K. Heri and Mughni, Abdul (2021) EFEK OMENTOPLASTI PANKREAS TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN, KADAR IL-10 DAN NILAI HOMA-IR PADA TIKUS DIABETES OBESE SETELAH DILAKUKAN SLEEVE GASTRECTOMI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-tesis)
Indra Kusuma Adi Putranto - 22010119410010 - Tesis - Abstrak.pdf

Download (81kB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit diabetes melitus khususnya diabetes melitus tipe 2 (DMT2) sangat erat kaitannya berhubungan dengan obesitas. Resistensi insulin dan inflamasi yang terjadi pada obesitas pasien dapat diobati dengan prosedur Sleeve Gastrectomy (SG). Penurunan berat badan pasca SG bisa berkurang proses lipo apoptosis dan dapat meningkatkan fungsi sel β pankreas. Omentum kaya akan sel induk mesenkim potensial dan kaya akan sitokin anti inflamasi, dan berbagai faktor pertumbuhan, sehingga prosedur omentoplasti diyakini dapat memberikan efek regenerasi pada jaringan pankreas sehingga kinerja pankreas dapat optimal.

Metode: Penelitian eksperimental dengan 18 ekor tikus yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan perlakuan. Perawatan yang dilakukan adalah sleeve gastrectomy dan omentoplasti pankreas. Selanjutnya dilakukan analisis berat badan dan kadar IL-10 dan HOMA IR dilakukan dengan bantuan software versi SPSS 25 univariat dan bivariat.

Hasil: Terdapat perbedaan rata-rata tubuh berat badan, kadar IL-10, dan HOMA IR sebelum dan sesudah pengobatan, p<0,001.

Kesimpulan: Omentoplasty efektif dalam memperbaiki kondisi diabetes mellitus dengan obesitas setelah operasi gastrektomi lengan in vivo.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Obesitas, sleeve gastrectomi, omentolasti, pankreas
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:47
Last Modified: 06 Apr 2023 01:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12209

Actions (login required)

View Item View Item