Search for collections on Undip Repository

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Jiwa

Fadilla, Rania Jihan and Jusup, Innawati (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Jiwa. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Latar belakang: Kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga semakin tinggi standar hidup mengakibatkan semakin tinggi pula permintaan masyarakat akan layanan kesehatan yang berkualitas. Jika pelayanan kesehatan diselenggarakan dengan baik dan sesuai kode etik maka akan menimbulkan kepuasan kepada pasien, sehingga perlu dilakukan evaluasi tingkat kepuasan pasien untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengetahui analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Poli Psikiatri Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Metode: Penelitian observasional secara deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sebanyak 100 responden didapatkan menggunakan teknik accidental sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Eta, Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil: Uji korelasi Eta antara diagnosis dengan tingkat kepuasan pasien diperoleh nilai p=0,118 dan r=0,243 yang berarti korelasi rendah. Hasil CSI diperoleh sebesar 86% harapan pasien sudah terpenuhi dan kinerja pelayanan di Poli Psikiatri Rumah Sakit Nasional Diponegoro tergolong baik dengan mutu pelayanan B. Pada analisis IPA diperoleh kepuasan tertinggi pada aspek pelayanan dokter, yaitu kejelasan informasi tentang penyakit pasien, keramahan dan kesopanan dalam memeriksa pasien, kelugasan saat konsultasi, dan tidak membeda-bedakan pasien dalam memberikan pelayanan, serta terdapat tiga aspek pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya, yaitu waktu tunggu sebelum periksa, keberadaan dokter di poli, dan komunikasi perawat dengan pasien. Kesimpulan: Pasien di Poli Psikiatri Rumah Sakit Nasional Diponegoro sudah cukup puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan, tetapi masih terdapat beberapa indikator pelayanan yang perlu ditingkatkan.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, indeks kepuasan masyarakat, importance performance analysis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, indeks kepuasan masyarakat, importance performance analysis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:55
Last Modified: 27 Mar 2023 04:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item