Search for collections on Undip Repository

GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TOKOH WAYANG MENGGUNAKAN UNITY

Distira, Abbiyu Kirana (2022) GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TOKOH WAYANG MENGGUNAKAN UNITY. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman adat, seni, dan budaya
yang setiap daerahnya memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Wayang Kulit
yang merupakan hiburan yang mempertontonkan bayangan yaitu sebuah lukisan bergerigi. Selain
untuk hiburan, pertunjukan wayang kulit ini bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kehidupan
luhur yang terkandung di dalamnya. Namun belakangan ini, seni budaya wayang ini kurang
diminati oleh sebagian masyarakat yang menganggap wayang kulit ini sudah kuno dan
ketinggalan zaman. Eksistensi dari budaya lokal seakan terus memudar dan tidak dilirik lagi
dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Untuk itu, seni kebudayaan
ini perlu diangkat kembali sebagai bentuk upaya melestarikan budaya lokal serta dapat
mengenalkan tokoh-tokoh wayang dari epos Mahabharata seperti Pandawa Lima.
Dari permasalahan tersebut maka dibuat sebuah Game Edukasi Pembelajaran Tokoh
Wayang untuk platform Android yang dibuat menggunakan game engine Unity. Aplikasi ini
dikembangkan dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang
terdiri dari 6 tahap yaitu konsep, desain atau perancangan, pengumpulan material, perakitan,
pengujian, dan pendistribusian.
Berdasarkan hasil pengujian usability menggunakan kuesioner System Usability Scale,
aplikasi ini memiliki skor SUS rata-rata sebesar 78,125. Dari skor tersebiut dapat disimpulkan
bahwa aplikasi ini memiliki tingkat penerimaan “Acceptable” pada sudut pandang acceptability
ranges. Pada sudut pandang grade scale, aplikasi memiliki nilai grade pada huruf ”C”. Dan pada
sudut pandang adjective ratings, aplikasi memiliki rating “Good”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wayang, Game Edukasi, Unity, Multimedia Development Life Cycle, Usability
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:55
Last Modified: 10 May 2023 01:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item