Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK, MASA KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN TINGKAT KELELAHAN KERJA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI (Studi di PT Boga Makmur Gracia Kabupaten Kendal)

ALVITASARI, RIZKY DWI (2023) HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK, MASA KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN TINGKAT KELELAHAN KERJA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI (Studi di PT Boga Makmur Gracia Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RIZKY DWI.pdf - Published Version

Download (438kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dunia industri di Indonesia, sebagian besar memanfaatkan alat industri modern dalam kemudahan melakukan pekerjaan, di sisi lain penggunaan teknologi dapat memberikan efek samping, seperti suara bising mesin produksi yang dapat mengakibatkan terjadinya kelelahan kerja akibat adanya peningkatan denyut nadi. Selain itu lingkungan kerja panas juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pekerja diikuti dengan masa kerja pekerja yang beragam serta jumlah beban kerja fisik yang dibebankan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara beban kerja fisik, masa kerja dan lingkungan kerja terhadap tingkat kelelahan kerja pekerja bagian produksi PT Boga Makmur Gracia, Kendal. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 60 pekerja bagian produksi menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner karakteristik pekerja, alat ukur beban kerja fisik pulse oximeter, alat ukur kebisingan sound level meter, dan alat ukur iklim kerja questemp 34, dengan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Rank-Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas beban kerja fisik yang dialami pekerja ialah kategori sedang, masa kerja mayoritas ≤ 5 tahun, kebisingan tertinggi ialah 85.80 dB, dan iklim kerja panas tertinggi sebesar 32.7°C. Hasil analisis Rank-Spearman menunjukkan terdapat hubungan masa kerja (p 0.007), iklim kerja panas (p 0.022) dengan tingkat kelelahan kerja pekerja bagian produksi. Tidak adanya hubungan beban kerja fisik (p 0.447), kebisingan (p 0.776) dengan tingkat kelelahan kerja pekerja bagian produksi. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk melakukan pengendalian beban kerja fisik, kebisingan, iklim kerja panas baik pada sumber kebisingan dan sumber panas dengan kontrol administratif maupun penyediaan air minum pada pekerja sebagai langkah pencegahan terhadap terjadinya kelelahan kerja pekerja bagian produksi di PT Boga Makmur Gracia.
Kata kunci : Beban Kerja Fisik, Kebisingan, Iklim Kerja Panas, Kelelahan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:59
Last Modified: 31 Mar 2023 04:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item