Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN E ORAL TERHADAP EKSPRESI MALONDIALDEHID DAN DENSITAS SEL GANGLION RETINA Studi Eksperimental Tikus Wistar yang diberikan Etambutol

Bondan Ristiandoko, Tegar Chandra and Prihatningtias, Riski and Dharma, Andhika Guna (2022) PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN E ORAL TERHADAP EKSPRESI MALONDIALDEHID DAN DENSITAS SEL GANGLION RETINA Studi Eksperimental Tikus Wistar yang diberikan Etambutol. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-Tesis Tegar Chandra B.R.)
Abstrak-Tesis Tegar Chandra B.R..pdf

Download (7kB)

Abstract

Pendahuluan : Ethambutol toxic optic neuropathy (E-TON) merupakan gangguan penglihatan akibat efek samping pemberian etambutol pada infeksi tuberkulosis. Pada kondisi E-TON, ekspresi Malondialdehid (MDA) dapat meningkat akibat stres oksidatif dan aktivasi jalur apoptosis yang menyebabkan kerusakan dari sel ganglion retina. Vitamin E memiliki sifat antioksidan dan antiapoptosis yang diharapkan mampu menekan ekspresi MDA dan melindungi sel ganglion retina.

Tujuan: Membuktikan pengaruh pemberian vitamin e terhadap ekspresi malondialdehid dan densitas sel ganglion retina.
Metode Tikus Wistar dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok perlakuan diberikan etambutol 32 mg/200 gr dan vitamin E 8 IU/200 gr dan kelompok kontrol diberikan etambutol 32 mg/200 gr selama 30 hari. Ekspresi malondialdehid diperiksa dengan pengecatan imunohistokimia dan densitas sel ganglion retina diperiksa dengan pengecatan hematoxylin eosin. Data dikumpulkan dan diolah kemudian dilakukan analisis.

Hasil: Ekspresi MDA tidak didapatkan perbedaan secara signifikan antara kelompok perlakuan dan kontrol (p = 0,933). Kepadatan ganglion pada kelompok perlakuan 13,67 ± 2,46 dan kelompok kontrol rata-rata sebesar 8,47 ± 1,70. Kelompok perlakuan memiliki kepadatan ganglion yang lebih tinggi secara signifikan (p = 0,010). Tidak terdapat hubungan bermakna antara ekspresi MDA dengan densitas ganglion retina (p = 0,857, r = - 0,059).

Kesimpulan: Vitamin E dapat mempertahankan densitas ganglion retina pada tikus yang diberikan etambutol dan dapat menekan ekspresi MDA tetapi tidak signifikan.

Kata kunci: vitamin E, MDA, ethambutol toxic optic neuropathy, densitas sel ganglion retina

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: vitamin E, MDA, ethambutol toxic optic neuropathy, densitas sel ganglion retina
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:40
Last Modified: 15 Mar 2023 06:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item