Search for collections on Undip Repository

Pengalaman Quality Of Work Life pada Pegawai Penyandang Disabilitas Fisik di Perusahaan Retail: Sebuah Studi Fenomenologi

Satriawan, Novan and Setyawan, Imam (2023) Pengalaman Quality Of Work Life pada Pegawai Penyandang Disabilitas Fisik di Perusahaan Retail: Sebuah Studi Fenomenologi. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Novan Satriawan_15000118130215_Abstrak.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penyandang disabilitas masih memiliki permasalahan umum pada praktik kerja terkait quality of work life. Aspek ini masih menjadi sebuah tantangan dikarenakan kondisi penyandang disabilitas yang berbeda dengan orang pada umumnya memunculkan stigma dan juga perlakuan diskriminatif di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengalaman quality of work life yang dialami oleh pegawai dengan disabilitas fisik di perusahaan retail. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu seorang penyandang disabilitas fisik yang telah bekerja sebagai pegawai toko di perusahaan retail setidaknya selama satu tahun. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Data dianalisis menggunakan metode interpretative phenomenological analysis (IPA). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pegawai penyandang disabilitas fisik di perusahaan retail memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja dan tidak mengalami adanya tindakan diskriminatif dari rekan kerja. Partisipan penelitian tidak mengalami pembatasan dalam keterlibatan kerja, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir serta merasa puas terhadap sistem kompensasi yang berlaku. Permasalahan yang dialami partisipan penelitian adalah tidak tersedianya fasilitas untuk mendukung aktivitas kerja bagi pegawai penyandang disabilitas fisik, sehingga memunculkan kesulitan dan keterbatasan dalam melakukan aktivitas kerja di tempat kerja.

Kata Kunci: pegawai disabilitas; quality of work life; perusahaan retail

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:17
Last Modified: 13 Mar 2023 04:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item