Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF-LEADERSHIP DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Alfania, Tsamara Zafira Zehan and Prihatsanti, Unika (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-LEADERSHIP DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Tsamara Zafira Zehan Alfania.pdf

Download (73kB)

Abstract

Keyakinan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi memberikan dampak yang baik terhadap proses penyelesaian skripsi melalui kepemimpinan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-leadership dan efikasi diri akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan skripsi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 490 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang mengambil mata kuliah skripsi dengan jumlah sampel sebanyak 138 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Revised Self-Leadership Questionnaire (31 aitem, α = 0,903) dan skala College Academic Self-Efficacy Scale (35 aitem, α = 0,919). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai rxy = .537 dengan p = <0,001 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positf yang signifikan antara self-leadership dan efikasi diri akademik. Semakin tinggi self-leadership maka semakin tinggi tingkat efikasi diri akademik pada mahasiswa, begitupun sebaliknya. Self-leadership memberikan sumbangan efektif sebesar 28,9% terhadap efikasi diri akademik, sedangkan 71,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:27
Last Modified: 16 Mar 2023 07:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12016

Actions (login required)

View Item View Item