Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Perendaman Kopi Robusta terhadap Kekasaran Permukaan Enamel Gigi

Salsabila, Rizki Laila and Purnomo, Brigitta Natania Renata and Diamawati, Resta (2022) Pengaruh Perendaman Kopi Robusta terhadap Kekasaran Permukaan Enamel Gigi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
RIZKI LAILA SALSABILA_22010219120004_KTI_ABSTRAK.pdf

Download (18kB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui pengaruh perendaman kopi robusta terhadap kekasaran permukaan enamel gigi. Metode: Penelitian eksperimental laboratorium dengan pre-test dan post-test group design. Sebanyak 36 sampel gigi premolar rahang atas dan bawah yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok larutan kopi robusta dengan konsentrasi 9,09% dan 4,76%. Sampel dipisahkan antara mahkota dan akarnya pada cemento-enamel junction, kemudian mahkota ditanam pada cetakan gipsum secara horizontal dengan permukaan bukal menghadap atas. Permukaan enamel dilakukan abrasi dan polishing sebagai kontrol awal. Penelitian dilanjutkan dengan mengukur kekasaran permukaan permukaan enamel sebelum perendaman pada setiap kelompok menggunakan Surface Roughness Tester (Mitutoyo SJ-210, Jepang). Sampel kemudian direndam pada larutan kopi robusta sesuai dengan kelompoknya selama 18 jam dan disimpan pada inkubator 37°C. Penelitian ini dilanjutkan dengan pengukuran kekasaran permukaan permukaan enamel setelah perendaman menggunakan Surface Roughness Tester (Mitutoyo SJ-210, Jepang). Hasil: Pada uji paired t-test menunjukan adanya peningkatan kekasaran permukaan enamel gigi yang signifikan antara sebelum dan setelah perendaman kopi robusta pada kedua konsentrasi. Pada uji independent t-test menunjukan adanya perbedaan kekasaran permukaan enamel gigi yang signifikan antara kelompok konsentrasi 9,09% dan 4,76%. Kesimpulan: Terdapat pengaruh perendaman kopi robusta terhadap kekasaran permukaan enamel gigi.

Kata kunci: konsentrasi kopi robusta, asam klorogenat, asam tanat, kekasaran permukaan enamel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi kopi robusta, asam klorogenat, asam tanat, kekasaran permukaan enamel, robusta coffee concentration, tannic acid, chlorogenic acid, enamel surface roughness
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:08
Last Modified: 13 Mar 2023 02:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11988

Actions (login required)

View Item View Item