Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA YAMAHA ALL NEW NMAX (STUDI PADA KONSUMEN YAMAHA FLAGSHIP SHOP KOTA SEMARANG)/98/Adm. Bisnis/2022

Primajati, Awal Sukma and Listyorini, Sari and Pradhanawati, Ari (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA YAMAHA ALL NEW NMAX (STUDI PADA KONSUMEN YAMAHA FLAGSHIP SHOP KOTA SEMARANG)/98/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Yamaha All New NMAX merupakan salah produk dari Yamaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Keputusan konsumen untuk memiliki niat membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan merupakan salah satu faktor penting dalam persaingan antar perusahaan. Permasalahan muncul ketika Yamaha All New NMAX yang merupakan salah satu pelopor motor matic besar yang ada di Indonesia harus kalah saing dengan kompetitornya. Kekurangan yang dimiliki oleh sepeda motor ini yaitu desain yang ditawarkan kurang elegan dan mewah. Selain itu, masih terdapat beberapa keluhan konsumen mengenai kualitas dari yamaha All New NMAX seperti versi standar dari sisi keamanan, sang kompetitornya sudah dibekali fitur smart key atau keyless. Yamaha melihat penetapan harga sebagai hal yang paling penting dan harus mendapatkan perhatian khusus. Jika konsumen sudah bersedia dengan harga yang ditawarkan, maka produk tersebut akan diterima oleh masyarakat luas. Maka melihat permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli Yamaha All New NMAX.
Adapun tipe penelitian yang digunakan yaitu explanatory research, jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 94 responden yang pernah melakukan pembelian Yamaha All New NMAX di Yamaha Flagship Shop Semarang selama 4 tahun terakhir dengan menggunakan teknik non-probabilty sampling yaitu purposive sampling. Dalam mengolah data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS versi 26 didapatkan hasil bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti memiliki beberapa saran seperti meningkatkan teknologi yang ada pada mesin, agar dapat menghemat bahan bakar, melakukan peningkatan dalam segi body agar nyaman digunakan sehari-hari, meningkatkan kualitas mesin agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan yang terakhir meningkatkan performa motor agar tidak dapat mengalami kerusakan. Kemudian memperbaiki harga jual yang ditawarkan oleh pihak Yamaha dari segi keterjangkauan harga disesuaikan dengan tingkat pendapatan penduduk di Indonesia. Dengan adanya saran tersebut diharapkan dapat meningkatnya minat konsumen dalam mengikuti perkembangan Yamaha All New NMAX.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:07
Last Modified: 01 Mar 2023 01:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11954

Actions (login required)

View Item View Item