Search for collections on Undip Repository

PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN INVESTASI SAHAM TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Investor Saham Kota Semarang)/97/Adm. Bisnis/2022

Pratama, Ananda Willies and Wijayanto, Andi and Purbawati, Dina Lestari (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN INVESTASI SAHAM TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Investor Saham Kota Semarang)/97/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
cover fix.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bursa Efek Indonesia merupakan penyelenggara kegiatan perdagangan efek dimana termasuk di dalamnya adalah efek saham. Dalam data yang tersedia di KSEI memberikan hasil bahwa terjadi peningkatan Investor saham yang signifikan dimana penambahan di tahun 2020 saat pandemi terjadi menyentuh 50%. Dengan data ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan investor dan dana yang masuk ke Bursa di saat ekonomi sedang lesu. Hal tesebut yang menarik dan memotivasi perhatian Investor maupun calon Investor untuk berpartisipasi dalam BEI. Beriringan juga bahwa masyarakat pada umumnya mengetahui tentang investasi, meskipun mayoritas pengetahuannya lebih dominan di real asset, tetapi dalam masa pandemi paper aset menjadi lebih trend. Sehingga berangkat dari permasalahan yang ada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pengetahuan investasi terhadap keputusan berinvestasi saham pada Investor Kota Semarang.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan Investor Saham yang bertempat tinggal di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Dalam mengumpulkan data dilakukan melalui kuesioner dan studi pustaka. tipe penelitian yang digunakan pada kesempatan kali ini adalah explanatory research dengan bantuan software SPSS versi 25
Hasil variabel motivasi memberikan pengaruh positif terhadap variabel keputusan investasi. Variabel pengetahuan investasi memberikan pengaruh positif terhadap variabel keputusan berinvestasi. Variabel motivasi dan pengetahuan investasi secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan sebagian terhadap keputusan berinvestasi.
Saran yang dapat peneliti sampaikan setelah menyelesaikan penelitian ini adalah bagi Investor Kota Semarang untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam hal investasi itu sendiri dikarenakan besar pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan dibandingkan motivasi dikarenakan motivasi merupakan unsur inheren dalam diri individu tetapi yang lebih mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan tindakan adalah pengetahuan.

Kata Kunci: Motivasi, Pengetahuan Investasi, Keputusan Investasi, Investor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:04
Last Modified: 01 Mar 2023 01:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11953

Actions (login required)

View Item View Item