Search for collections on Undip Repository

PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Wanita yang Telah Menikah Memiliki Anak Bagian Produksi PT Sukuntex-Spinning)/93/Adm. Bisnis/2022

Arianti, Aulia Maharani and Widayanto, Widayanto and Dewi, Reni Shinta (2022) PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Wanita yang Telah Menikah Memiliki Anak Bagian Produksi PT Sukuntex-Spinning)/93/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version

Download (802kB)
[img] Text
Bab 2 Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text
Bab 3 Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
Bab 4 Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text
Lampiran Aulia Maharani Arianti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Sukuntex adalah sebuah perusahaan manufaktur di Indonesia yang membidangi industri tekstil berupa benang, kain dan pemutihan kain yang mampu memanfaatkan peluang pasar industri tekstil dalam negeri. Permasalahan yang dihadapi adalah fluktuasi penurunan pencapaian target pada tahun 2018 – 2021. Hingga tahun 2021 jumlah realisasi tidak berhasil mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Work life balance, kompensasi dan employee engagement menjadi variabel yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work life balance dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui employee engagement pada PT Sukuntex-Spinning. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Jumlah sampel adalah 100 karyawan wanita yang telah menikah memiliki anak bagian produksi PT Sukuntex-Spinning. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (SEM PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3 for windows. Hasil penelitian mendukung teori perilaku organisasi dimana perilaku individu dalam organisasi yaitu work life balance, penerimaan kompensasi dan keterikatan karyawan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa work life balance dan kompensasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap employee engagement dan kinerja karyawan serta work life balance dan kompensasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui employee engagement. Rekomendasi untuk PT Sukuntex-Spinning adalah mengadakan acara bersama antara karyawan maupun dengan keluarga karyawan. Perusahaan juga perlu memberikan pelatihan secara berkala untuk meningkatkan kualitas karyawan. Selain itu, perusahaan dapat memberikan pujian atau penghargaan pada setiap kemajuan karyawan dalam bekerja.

Kata kunci: Work Life Balance, Kompensasi, Employee Engagement, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:22
Last Modified: 28 Feb 2023 01:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item