Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA/92/Adm. Bisnis/2022

Salma, Farah Annisa and Saryadi, Saryadi and Wijayanto, Andi (2022) PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA/92/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Coverr.pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Teknologi dan informasi telah berkembang dewasa ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya kemudahan yang didapat hanya dengan mengandalkan teknologi. Ini disebabkan karena adanya efek globalisasi, yaitu teknologi internet yang memudahkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari kapan saja dan di mana saja. Salah satu manfaat internet lainnya adalah memberikan memudahkan konsumen dalam berbelanja via online. Konsumen dimudahkan dalam berbelanja melalui marketplace, salah satunya adalah Tokopedia. Tokopedia menduduki peringkat pertama pada “pengunjung situs bulanan e-commerce terbanyak” di tahun 2021 yang mana di tahun sebelumnya berada di peringkat kedua. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Tipe penelitian ini adalah tipe eksplanatori dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dan pengambilan sampel dilakukan secara daring (online) dengan menyebar kuisioner menggunakan Google Form.Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kepercayaan yang diuji secara parsial, variabel promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, penelitian memiliki hasil bahwa variabel promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kepercayaan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dimana variabel kepercayaan memiliki pengaruh paling besar. Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar promosi yang dilakukan Tokopedia dapat ditingkatkan lebih baik dan lebih mempersingkat durasi promosi agar konsumen lebih tertarik untuk membuat keputusan pembelian di Tokopedia.

Kata Kunci: Promosi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Tokopedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:13
Last Modified: 28 Feb 2023 01:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item