Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA SEMARANG/88/Adm. Bisnis/2022

Tsalisa, Ridha Ashka and Hadi, Sudharto P. and Purbawati, Dina Lestari (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA SEMARANG/88/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Kota Semarang penggunaan transportasi umum dirasa belum memadai dan seringkali layanan yang diberikan tidak menjadi solusi dalam hal efektifitas dan efisiensi waktu. Sehingga jasa transportasi ojek online di Kota Semarang menjadi pilihan walau dirasa sedikit lebih mahal, dan dipandang mampu memberikan pelayanan yang lebih karena tidak terikat oleh rute dan jam pelayanan yang 24 jam. Maxim merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi online Rusia yang masuk dan berkembang di Indonesia sejak tahun 2018 dengan menawarkan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan Gojek atau Grab. Sejak tahun 2018 hingga awal tahun 2020, pertumbuhan jumlah pengguna Maxim mengalami kenaikan mencapai 31 kali dalam setahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna Maxim. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan pengambilan sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling dan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang ditujukan pada pengguna jasa transportasi online Maxim di Kota Semarang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim di Kota Semarang.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:06
Last Modified: 24 Feb 2023 07:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item