Huda, Muchamad Miftakhul and Saryadi, Saryadi and Widiartanto, Widiartanto (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA NO.8 COFFEE KUDUS/79/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text
BAB I- Skripsi.pdf - Published Version Download (429kB) |
|
Text
BAB II-Skripsi.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text
BAB III-Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
Text
BAB IV-Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (137kB) |
Abstract
Banyaknya usaha coffee shop di Kabupaten Kudus membuat pemilik coffee shop berlomba memenangkan persaingan. Salah satu caranya dengan memiliki tingkat kepuasan konsumen yang tinggi. Kepuasan konsumen yang tinggi dapat dipengaruhi oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan yang baik. Kenyataannya, tidak semua coffee shop memiliki kepuasan konsumen yang tinggi termasuk No.8 Coffee Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen No.8 Coffee Kudus. Tipe penelitian menggunakan explanatory research. Teknik pengambilan data disebar menggunakan kuesioner menggunakan teknik NonProbability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Penyebaran kuesioner dengan cara online dan offline (secara langsung). Cara online dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner menggunakan google form melalui social media, sedangkan offline dilakukan secara langsung dengan responden. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian pada No.8 Coffee minimal satu kali. Metode analisis data menggunakan SPSS for windows versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Adapun saran yang diberikan kepada pihak No.8 Coffee Kudus pada aspek kualitas produk perlu adanya peningkatan utamanya dari segi kekhasan rasadan aroma kopi, porsi minuman dan makanan, desain kemasan, keragaman menu minuman dan makanan, dan rasa dari minuman kopi yang disajikan selalu konsisten agar mampu memuaskan keinginan konsumen dengan memberikan rasa yang berkualitas. Sedangkan dari aspek kualitas pelayanan perlu adanya perbaikan kesesuaian dalam memberikan pesanan, desain interior dan dekorasi, menyediakan fasilitas yang memadai dan nyaman, dan memingkatkan kemampuan karyawan dengan training lebih lama dan mengadakan pelatihan tentang manner. Sedangkan dari aspek kepuasan konsumen perlu adanya peningkatan kualitas produk terutama dalam hal kekhasan rasa minuman agar konsumen berkeinginan untuk datang membeli kembali dan merekomendasikan No.8 Coffee kepada pihak lain dan perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan terutama kesesuaian dalam memberikan pesanan agar konsumen merasa puas dengan pelayanan No.8 Coffee yang diharapkan dan bersedia membeli kembali minuman dan makanan di No.8 Coffee.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 01:24 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 01:24 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11910 |
Actions (login required)
View Item |