Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA KONSUMEN LAZADA DI KOTA SEMARANG)/77/Adm. Bisnis/2022

Murtadho, Aji Syaid Luthfi Abiyyu and Nugraha, Hari Susanta and Purbawati, Dina Lestari (2022) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA KONSUMEN LAZADA DI KOTA SEMARANG)/77/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Schiffman dan Kanuk (2004) mendefinisikan keputusan pembelian sebagai “the selection of an option from two or alternative choice”. Berarti keputusan pembelian yaitu keputusan yang dibuat oleh individu di mana ia menjatuhkan pilihannya pada satu pilihan dari berbagai opsi yang tersedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan brand image terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Lazada. Tipe penelitian ini ada explanatory research dan menggunakan metode pengambilan sampel non probability sampling melalui teknik purposive sampling. Kemudian, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden pengguna Lazada di Kota Semarang. Kajian ini mempergunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, dan signifikansi uji t dan uji f dengan program aplikasi SPSS versi 25.
Hasil dari kajian ini memperlihatkan jika variabel electronic word of mouth (e-WOM) dan brand image berpengaruh bagi keputusan pembelian online pada marketplace Lazada. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Lazada lebih meningkatkan interaksi online di media sosial seperti Instagram sebagai sarana menyalurkan informasi–informasi menarik dan meminta feedback terkait produk. Agar konsumen tertarik untuk membeli Lazada bisa bekerja sama dan menambah official store yang tidak tersedia pada marketplace lain sehingga produk tersebut nantinya hanya bisa dibeli di Lazada dan produk dapat memberikan kesan serta karakterstik yang berbeda bagi konsumen sehingga bisa mendukung keputusan pembelian online di kalangan konsumen Lazada.

Kata kunci : E-WOM, Brand Image, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:51
Last Modified: 23 Feb 2023 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item View Item