Murtadho, Aji Syaid Luthfi Abiyyu and Nugraha, Hari Susanta and Purbawati, Dina Lestari (2022) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA KONSUMEN LAZADA DI KOTA SEMARANG)/77/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (659kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (115kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
Schiffman dan Kanuk (2004) mendefinisikan keputusan pembelian sebagai “the selection of an option from two or alternative choice”. Berarti keputusan pembelian yaitu keputusan yang dibuat oleh individu di mana ia menjatuhkan pilihannya pada satu pilihan dari berbagai opsi yang tersedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan brand image terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Lazada. Tipe penelitian ini ada explanatory research dan menggunakan metode pengambilan sampel non probability sampling melalui teknik purposive sampling. Kemudian, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden pengguna Lazada di Kota Semarang. Kajian ini mempergunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, dan signifikansi uji t dan uji f dengan program aplikasi SPSS versi 25.
Hasil dari kajian ini memperlihatkan jika variabel electronic word of mouth (e-WOM) dan brand image berpengaruh bagi keputusan pembelian online pada marketplace Lazada. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Lazada lebih meningkatkan interaksi online di media sosial seperti Instagram sebagai sarana menyalurkan informasi–informasi menarik dan meminta feedback terkait produk. Agar konsumen tertarik untuk membeli Lazada bisa bekerja sama dan menambah official store yang tidak tersedia pada marketplace lain sehingga produk tersebut nantinya hanya bisa dibeli di Lazada dan produk dapat memberikan kesan serta karakterstik yang berbeda bagi konsumen sehingga bisa mendukung keputusan pembelian online di kalangan konsumen Lazada.
Kata kunci : E-WOM, Brand Image, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:51 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |