Search for collections on Undip Repository

ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016-2020/72/Adm. Bisnis/2022

Pratama, Rivaldi Noufal and Purbawati, Dina Lestari and Djoko Waluyo, Handoyo (2022) ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016-2020/72/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (847kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Jenis data yang dipakai merupakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampe dalam penelitian ini sebanyak empat (4) perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling. Keempat perusahaan tersebut adalah PT. XL Axiata Tbk., Smartfren Telecom Tbk., PT. Indosat Tbk., dan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Teknik analisis yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif menggunakan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas. Rasio likuiditas diukur dengan menggunakan Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio. Rasio solvabilitas diukur dengan menggunakan Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio. Rasio profitabilitas diukur dengan menggunakan Net Profit Margin, Return On Asset, dan Return On Equity.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. yang memiliki hasil kinerja keuangan yang cukup baik. Sedangkan untuk ketiga (3) perusahaan seperti PT. XL Axiata Tbk., Smartfen Telecom Tbk., dan PT. Indosat Tbk. memiliki hasil kinerja keuangan yang tidak baik.
Saran yang diberikan kepada perusahaan yaitu perlu memangkas dan meringkas biaya-biaya yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan dan perlu meningkatkan volume penjualan dan pendapatan.

Kata kunci: Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:55
Last Modified: 23 Feb 2023 06:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item