Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA SMARTPHONE MEREK IPHONE APPLE DI KOTA SEMARANG/35/Adm. Bisnis/2022

Riswan, Muhammad Syahendra and Waluyo, Handoyo Djoko and Lisyorini, Sari (2022) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA SMARTPHONE MEREK IPHONE APPLE DI KOTA SEMARANG/35/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB)

Abstract

Apple sendiri merupakan produsen teknologi yang memiliki produk smartphone unggulannya yang bernama Iphone. Namun Iphone bukan menjadi brand yang memiliki presentase terbanyak dalam survei top brand yang dilakukan di Indonesia. Dengan data ini menunjukan bahwa Iphone bukan menjadi produk yang memiliki tingkat kepuasan konsumen tertinggi di Indonesia. Keluhan konsumen indonesia mengenai Iphone sendiri menjelaskan seringnya mengalami eror dan baterai mudah panas ataupun bahkan rusak. Selain itu pengguna juga mengeluhkan mengenai desain yang mononton. Sehingga dengan melihat permasalahan yang ada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada pengguna smartphone Iphone.
Jumlah sample yang digunakan adalah sebanyak 100 responden yang menggunakan ataupun pernah menggunakan produk Iphone yang bertempat tinggal tetap ataupun sementara di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Dalam mengumpulkan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research yang dibantu menggunakan software SPSS Versi 25.
Hasil variabel inovasi memiliki pengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen, lalu terdapat variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen, dan yang terakhir adalah variabel inovasi dan kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen.
Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan penelitian ini adalah bagi Apple sebagai produsen Iphone itu sendiri adalah desain yang harus memiliki tampilan yang baru dan berbeda dari sebelumnya sehingga konsumen merasa tidak bosan akan desain yang ditawarkan. Selain itu kualitas kesehatan baterai terus menjadi kendala bagi pengguna Iphone yang diharapkan, Apple dapat mengatasi permasalahan tersebut dan saran yang terakhir adalah mengenai penerapan harga pada produk Iphone yang berdasarkan penelitian ini masih terlalu tinggi.

Kata Kunci: Inovasi Produk, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:24
Last Modified: 22 Feb 2023 06:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item