Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA/25/Adm. Bisnis/2022

Salsabila, Farah and Hidayat, Wahyu and Susanta, Hari (2022) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA/25/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)

Abstract

Di era globalisasi modern pemanfaatan teknologi informasi sudah menjadi pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, memberikan dampak positif bagi sektor bisnis yang dimana berubah mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Munculnya berbagai platform situs jual beli online atau sering disebut dengan E-commerce membuat para pengusaha berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk menarik para konsumennya. Salah satu faktor penentu dalam keberhasilan suatu bisnis adalah kualitas pelayanan. Adopsi kualitas layanan yang baru khususnya e-commerce adalah kualitas layanan berbasis web. Terdapat juga aspek keputusan pembelian yang tinggi dipengaruhi oleh e-service quality yang tinggi serta brand image yang baik. Berdasarkan data dari Tokopedia bahwa terjadi kenaikan dan penurunan jumlah pengunjung karena banyaknya pesaing e-commerce lain yang lebih unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh e-service quality dan brand image terhadap keputusan pembelian.
Populasi penelitian yang digunakan adalah konsumen mahasiswa yang berasal dari Universitas Diponegoro Semarang dan pernah melakukan pembelian di E-commerce Tokopedia setidaknya satu kali, sedangkan sampelnya berjumlah 100 responden mahasiswa Universitas Diponegoro dengan teknik yang digunakan adalah non probability sampling dan juga metode purposive sampling. Tipe daripada penelitian ini adalah explanatory research. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan bantuan aplikasi SPSS for windows 21.0 version analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda serta uji signifikan t dan Uji F.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, serta e-service quality dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang dapat diberikan bagi Tokopedia adalah mampu mengatasi berbagai kendala yang dialami oleh para konsumennya seperti memperbaiki jasa pengiriman barang dengan menetapkan standar pengiriman barang yang lebih baik agar dapat tepat waktu juga selalu menciptakan loyalitas konsumen yang tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh e-commerce Tokopedia.

Kata Kunci : E-Service Quality, Brand Image, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:13
Last Modified: 22 Feb 2023 04:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item