Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN TAI CHI CHUAN DENGAN JPMR DALAM MENINGKATKAN KADAR NO PADA PENDERITA PRE-HIPERTENSI

Kareri, Dyah Gita Rambu and Chasani, Shofa and Ambarwati, Endang (2015) PERBANDINGAN TAI CHI CHUAN DENGAN JPMR DALAM MENINGKATKAN KADAR NO PADA PENDERITA PRE-HIPERTENSI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (DAPUS)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit yang tidak memiliki gejala spesifik. Saat ini telah berkembang latihan TCC dan JPMR untuk pasien dengan hipertensi. Mekanisme kedua latihan tersebut dalam menurunkan tekanan darah masih belum jelas. Studi berpendapat bahwa latihan TCC dan JPMR dapat meningkatkan kadar NO sehingga tekanan darah menjadi menurun. Tujuan: Membuktikan adanya perbedaan efektivitas antara latihan TCC dan JPMR terhadap kadar NO pada penderita pre hipertensi. Metode: Penelitian eksperimental ini menggunakan pre-post test design. 26 subyek pre-hipertensi yang berusia antara 25-45 tahun dibagi menjadi 2 kelompok secara acak. Kelompok I mendapatkan latihan TCC dan kelompok II mendapat latihan JPMR. Subjek pada kelompok I dan II melakukan 18 kali latihan dengan frekuensi 3 kali seminggu selama 6 minggu dengan durasi 30 menit setiap sesi. Hasil: Tidak terdapat perbedaan bermakna kadar NO sebelum intervensi dibandingkan dengan setelah intervensi TCC minggu keenam (p=0,093). Tidak terdapat perbedaan bermakna kadar NO sebelum intervensi didandingkan dengan setelah intervensi JPMR minggu keenam (p=0,134). Tidak terdapat perbedaan bermakna kadar NO setelah intervensi minggu keenam antara kelompok TCC vs JPMR (p=0,555). Terdapat perbedaan bermakna tekanan darah sistolik dan diastolic setelah intervensi minggu keenam pada kelompok TCC dan JPMR (p<0,005), namun tidak ada perbedaan bermakna tekanan darah sistolik dan diastolik antara kelompok TCC vs JPMR (p>0,05). Simpulan: Tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan TCC dan JPMR terhadap kadar NO dan tekanan darah pada penderita pre hipertensi.
Kata kunci: Hipertensi; nitric oxide; tekanan darah; Tai Chi Chuan; Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi; nitric oxide; tekanan darah; Tai Chi Chuan; Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:13
Last Modified: 22 Feb 2023 04:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item