Search for collections on Undip Repository

PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO AKTIVITAS, RASIO LEVERAGE, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2020/19/Administrasi Bisnis/2022

Sari, Dwiana Putri Aprilia and Suryoko, Sri and Wijayanto, Andi (2022) PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO AKTIVITAS, RASIO LEVERAGE, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2020/19/Administrasi Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (591kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (930kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio leverage, dan rasio profitabilitas terhadap Earning Per Share. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Jenis data yang dipakai merupakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang dipakai yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat 3 variabel yang berpengaruh signifikan positif terhadap Earning Per Share yaitu variabel Current Ratio, Total Asset Turnover, dan Debt to Asset Ratio, sedangkan variabel Debt to Equity Ratio, Return on Asset, dan Return on Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share. Secara simultan, variabel Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, dan Return on Equity berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share. Saran yang diberikan kepada perusahaan yaitu perusahaan dapat meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan laba melalui efisiensi dan efektifitas penggunaan aset yang dimiliki dengan menekan biaya seminimal mungkin, sehingga penjualan dapat maksimal dan laba bersih yang diperoleh perusahaan meningkat. Bagi investor sebelum mengambil keputusan berinvestasi diharapkan melakukan analisis kinerja keuangan pada perusahaan yang dituju untuk mengetahui informasi tentang kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih karena laba bersih menjadi indikator dalam earning per share.

Kata kunci: Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Leverage, dan Earning Per Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:49
Last Modified: 22 Feb 2023 03:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item