Search for collections on Undip Repository

DINAMIKA KERJASAMA SISTER CITY KOTA SEMARANG DENGAN KOTA FUZHOU

PRISKILLA, REYVA ALVIONA FERNANDA (2022) DINAMIKA KERJASAMA SISTER CITY KOTA SEMARANG DENGAN KOTA FUZHOU. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)

Abstract

Kota Semarang telah melakukan berbagai kerjasama sister city dengan beberapa daerah di negara lain, diantaranya dengan Brisbane, Jung-Gu, Beiha dan Fuzhou. Dalam kerjasama daerah dengan luar negeri, terdapat dasar hukum yang harus dipenuhi yaitu Memorandum of Understanding (MoU). Sister city Kota Semarang dengan Kota Fuzhou memiliki keunikan yaitu sudah terjalin lama sejak tahun 2004 dan memiliki hasil yang bermanfaat bagi kedua kota tersebut, walau tidak terdapat MoU.
Tujuan penelitian ini untuk menggali dinamika dasar hukum dlam kerjasama internasional serta informasi inisiasi, implementasi sister city Kota Semarang dengan Kota Fuzhou dan langkah Pemerintah Kota Semarang dalam sister city ini. Sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pemerintah daerah lain, pihak swasta, masyarakat dan peneliti lainnya dalam menjalin hubungan kerjasama dengan luar negeri.Untuk menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep paradiplomasi dan sister city dengan metode wawancara dan telaah data. Adapun obyek dalam penelitian ini yaitu Pemerintah Kota Semarang.
Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paradiplomasi dapat berjalan dengan adanya keinginan dari pemerintah daerah. Namun hal ini melanggar aturan yang berlaku di Indonesia sebagai negara kesatuan. Sebab dalam negara kesatuan terdapat aturan yaitu daerah harus mengikuti aturan yang berlaku secara nasional. Aturan yang ada ini berupa adanya MoU sebagai payung hukum dalam kerjasama sister city. Untuk menghindari permasalahan yang dapat merugikan Kota Semarang maka MoU diterbitkan lebih dahulu sebelum adanya implementasi kegiatan.

Kata kunci: sister city; Kota Semarang; Kota Fuzhou; MoU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:35
Last Modified: 09 Aug 2023 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item