Search for collections on Undip Repository

Kesejahteraan Psikologis pada Saudara Kandung Sindrom Down

Mazaya, Ananda Fathia and Widayanti, Costrie Ganes (2023) Kesejahteraan Psikologis pada Saudara Kandung Sindrom Down. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengungkap bagaimana gambaran kesejahteraan psikologis pada saudara kandung penyandang Sindrom Down. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan terhadap tiga unit analisis dan salah satu orang tua menggunakan wawancara semi terstruktur, buku harian, serta data visual, yaitu photo elicitation. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan Thematic Analysis Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak positif, antara lain dukungan, hubungan saudara kandung yang lebih dekat, dan termotivasi untuk berkembang, dan dampak negatif, antara lain tekanan, masalah dalam hubungan dengan orang tua, dan terganggunya aktivitas pribadi, dari memiliki saudara kandung penyandang Sindrom Down. Selain itu, dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa terdapat 3 aspek yang memengaruhi kesejahteraan psikologis pada saudara kandung penyandang Sindrom Down, antara lain relasi interpersonal, tuntutan, dan pertumbuhan pribadi.

Kata Kunci: Sindrom Down; kesejahteraan psikologis; saudara kandung; thematic analysis model; keluarga Sindrom Down; studi kasus; repository UNDIP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:22
Last Modified: 05 Feb 2024 07:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11779

Actions (login required)

View Item View Item