Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Pasien Rawat Jalan Klinik Pratama Al-Fatah Kabupaten Kudus)/11/BISNIS/2022

Fadlilah, Ifa Nur and Listyorini, Sari (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Pasien Rawat Jalan Klinik Pratama Al-Fatah Kabupaten Kudus)/11/BISNIS/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
cover.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang
semakin canggih mengakibatkan persaingan yang ketat dalam dunia bisnis.
Persaingan bisnis yang ketat tidak hanya terjadi pada bisnis yang bergerak di bidang
industri dan perdagangan saja, namun juga terjadi dalam bidang layanan jasa. Salah
satu sektor jasa yang mengalami perkembangan sangat potensial adalah jasa
kesehatan. Dengan banyaknya fasilitas kesehatan yang bermunculan, baik itu milik
pemerintah ataupun pribadi, diharapkan pengelola dapat mempertahanan usahanya
dengan cara memberikan kepuasan kepada pasien dengan memperhatikan beberapa
aspek, diantaranya kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Fasilitas, dan Harga (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Klinik
Pratama Al Fatah Kabupaten Kudus). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pasien rawat jalan Klinik Pratama Al Fatah Kabupaten Kudus pada tahun 2017 –
2020 yang berjumlah 72.466 pasien. Sedangkan, jumlah sampel yang dijadikan
responden dalam penelitian ini berjumlah 100 pasien Klinik Pratama Al Fatah
Kabupaten Kudus dengan persyaratan yang telah ditentukan. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode purposive
sampling dan accidental sampling.
Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linier, dan uji signifikansi (uji t dan uji F)
dengan menggunakan bantuan software SPSS 25.0 for Windows. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara
simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien dengan nilai 18,720 (F
hitung) > 2,701 (F tabel).
Saran yang diberikan dalam penelitian ini yakni pengelola dapat
meningkatkan mutu pelayanan dengan maksimal, meningkatkan penyediaan
fasilitas sebagai penunjang kinerja seluruh karyawan serta meningkatkan
kenyamanan pasien, dan menyesuaikan kembali harga yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:29
Last Modified: 16 Feb 2023 07:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item