Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BLENDED LEARNING DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMA KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG

Astuti, Wiji and Widodo, Prasetyo Budi (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BLENDED LEARNING DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMA KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Wiji Astuti_15000118120066_Abstrak.pdf

Download (91kB)

Abstract

Pengukuran literasi di negara maju digunakan sebagai titik awal dalam usaha memperbaiki pendidikan dan pembangunan. Dalam pembelajaran di sekolah, pengajaran bahasa Indonesia selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa juga bertujuan untuk pembentukan kompetensi literasi siswa. Kemudian dalam sistem pendidikan di Indonesia terdapat metode baru yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu metode blended learning. Pengalaman yang didapat selama proses pembelajaran dengan metode blended learning akan membentuk persepsi siswa terhadap metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap blended learning dengan minat belajar bahasa Indonesia siswa SMA di Kecamatan Genuk Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1311 siswa SMA di Kecamatan Genuk Kota Semarang yang pernah melaksanakan pembelajaran blended learning. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael, yaitu sebanyak 224. Instrumen penelitian terdiri dari dua skala yaitu Skala Persepsi terhadap Blended Learning (44 aitem α ; = 0,874) dan Skala Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (34 aitem α ; = 0,930). Analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi terhadap blended learning dengan minat belajar bahasa Indonesia pada siswa SMA di Kecamatan Genuk Kota Semarang, yang berarti bahwa semakin tinggi persepsi terhadap blended learning pada siswa maka semakin tinggi pula minat belajar yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:06
Last Modified: 05 Feb 2024 07:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item