Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN PEMBERIAN SANKSI BAGI PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMPEKERJAKAN TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA SEMARANG_024 HAN 2022

PRATIWI, ALYA SANI and Sonhaji, Sonhaji and Suhartoyo, Suhartoyo (2022) PELAKSANAAN PEMBERIAN SANKSI BAGI PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMPEKERJAKAN TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA SEMARANG_024 HAN 2022. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyandang disabilitas memiliki hak dan kesempatan yang sama sebagaimana warga negara Indonesia lainnya untuk mendapatkan pekerjaan. Penyandang disabilitas berhak memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau swasta. Bagi Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan swasta berkewajiban untuk mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas. Namun hingga saat ini belum banyak perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas. Atau dengan kata lain, serapan perusahaan terhadap tenaga kerja penyandang disabilitas masih minim. Penelitian ini mengambil permasalahan bagaimana pelaksanaan pemberian sanksi bagi perusahaan yang tidak mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaannya khususnya di Kota Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam pendekatan ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil analisis ditarik kesimpulan menggunakan metode deduktif dan disusun dalam bentuk kalimat dalam format karya ilmiah yaitu penulisan hukum.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hingga saat ini belum ada perusahaan yang diberikan sanksi karena tidak mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas. Terdapat 2 kategori faktor yang mempengaruhi tidak diberikannya sanksi tersebut, yaitu faktor yuridis dan faktor nonyuridis. Faktor yuridis adalah lemahnya pengaturan sanksi di tingkat pusat maupun daerah. Adapun faktor nonyuridis meliputi pengawasan ketenagakerjaan yang belum maksimal, pelaporan data tenaga kerja penyandang disabilitas belum terintegrasi, dan belum terbentuknya Komite Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan : membuat peraturan pelaksanaan tentang pemberian sanksi, mengintegrasi data tenaga kerja penyandang disabilitas, dan membentuk Komite Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.
Kata Kunci : Disabilitas, Pekerjaan, Perusahaan, Pemberian Sanksi, Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Disabilitas, Pekerjaan, Perusahaan, Pemberian Sanksi, Kota Semarang.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:13
Last Modified: 04 Jan 2024 08:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item