Search for collections on Undip Repository

KADAR GULA DARAH DAN KETEBALAN KOLAGEN ECM SEL β PANKREAS AKIBAT PEMBERIAN EKSTRAK DAUN Moringa oleifera Studi eksperimental pada tikus Sprague-Dawley yang diinduksi streptozotocin

Ambarwati, Ambarwati and Sarjadi, Sarjadi and Johan, Andrew (2014) KADAR GULA DARAH DAN KETEBALAN KOLAGEN ECM SEL β PANKREAS AKIBAT PEMBERIAN EKSTRAK DAUN Moringa oleifera Studi eksperimental pada tikus Sprague-Dawley yang diinduksi streptozotocin. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
Halaman Judul.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB 7)
Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (Daftar Pustaka - Lampiran)
Dapus + Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Latar belakang: Daun Moringa oleifera memiliki zat bioaktif untuk meregenerasi sel β pankreas dan menstimulasi sel β pankreas untuk mensekresikan insulin ke dalam sirkulasi darah, sehingga kadar gula darah menjadi normal. Kelangsungan hidup dan fungsi sel β yang baik, memerlukan matriks ekstraseluler (ECM) yaitu fibronectin, laminin dan kolagen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kadar gula darah dan ketebalan kolagen pada ECM pulau Langerhans pankreas akibat pemberian ekstrak daun Moringa oleifera pada tikus Sprague Dawley yang di induksi streptozotocin.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain randomized pre and post test controlled group. Hewan coba sebanyak 24 ekor tikus, diukur glukosa darah sebelum dan sesudah 2 hari induksi streptozotocin untuk memastikan tikus sudah dalam keadaan hiperglikemia, kemudian dibagi menjadi 4 kelompok, 2 kelompok kontrol dan 2 kelompok diberi perlakuan ekstrak daun Moringa oleifera dosis 250 dan 500 mg/kg BB/hari selama 21 hari. Digunakan uji statistik parametrik dan non parametrik. Taraf kemaknaan p<0.05.
Hasil : Penurunan bermakna kadar gula darah pada dosis 250 dan 500 mg/kg BB/hari dibanding kelompok kontrol. Kadar gula darah pada dosis 500 mg/kgBB adalah normal. Ketebalan kolagen pada ECM pulau langerhans pankreas masih dalam batas normal pada semua kelompok penelitian
Simpulan : Ekstrak daun Moringa oleifera dosis 500 mg/kg BB/hari merupakan dosis yang efektif untuk penurunan kadar gula darah.
Kata kunci : Ekstrak daun Moringa oleifera, streptozotocin, Kadar gula darah, Ketebalan kolagen pada ECM sel β pankreas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun Moringa oleifera, streptozotocin, Kadar gula darah, Ketebalan kolagen pada ECM sel β pankreas.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:44
Last Modified: 01 Feb 2023 06:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item