Search for collections on Undip Repository

ANALISIS POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN SEGAR DI PPP ASEMDOYONG PEMALANG (22p204)

DELISNA, DELISNA (2022) ANALISIS POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN SEGAR DI PPP ASEMDOYONG PEMALANG (22p204). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover Delisna 22p204.pdf

Download (873kB)

Abstract

ABSTRAK

Delisna. 26030117130040. Analisis Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Hasil
Tangkapan Ikan Segar Di PPP Asemdoyong, Pemalang (Aziz Nur Bambang dan
Bogi Budi Jayanto).
Saluran pemasaran merupakan proses penyaluran produk dari produsen ke
konsumen. Dalam industri perikanan, distribusi hasil tangkapan melibatkan
beberapa stakeholder. Hasil tangkapan yang dimaksud yaitu ikan Kembung,
Tembang serta Tenggiri. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pola distribusi
hasil tangkapan yang didaratkan di PPP Asemdoyong. (2) mengetahui besaran
margin dan keuntungan pemasaran hasil tangkapan. Margin merupakan selisih
harga anatara konsumen dan produsen. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan pola distribusi hasil tangkapan.
Analisis margin pemasaran diketahui dengan rumus MP= Hj – Hb. Terdapat 3
jenis saluran pemasaran di PPP Asemdoyong, saluran pertama melibatkan 5
pelaku pemasaran. Saluran kedua melibatkan 4 pelaku pemasaran. Saluran ketiga
melibatkan 3 pelaku pemasaran. Margin pemasaran ikan Kembung pada saluran 1
yaitu Rp. 9.971 /Kg, Saluran 2 Rp. 7.471 /Kg dan saluran 3 Rp. 2.651 /kg. Margin
pemasaran ikan Tembang saluran 1 yaitu Rp. 7.071 /Kg, saluran 2 yaitu Rp.4.670/Kg dan saluran 3 yaitu Rp. 2.615 /Kg. Margin pemasaran ikan Tenggiri saluran 1
Rp.10.755 /Kg, saluran 2 yaitu Rp.8.168 /Kg dan saluran 3 yaitu Rp. 4.148 /Kg.
Efisiensi pemasaran ikan Kembung dan Tenggiri pada semua saluran tergolong
efisien. Pada ikan Tembang efisiensi pemasaran yang efisien hanya pada saluran 3
sementara saluran 1 dan saluran 2 tergolong tidak efisien dikarenakan nilai yang
diperoleh di atas 5% .
Kata kunci: Asemdoyong, Kembung, Tembang, Tenggiri, Saluran, Margin dan Pemasaran

ABSTRACT

Delisna. 26030117130040. Analysis of Distribution Patterns and Marketing
Margins of Fresh Catches in PPP Asemdoyong, Pemalang (Aziz Nur Bambang
and Bogi Budi Jayanto)
Marketing channel is the process of distributing products from producers to
consumers. In the fishing industry, the distribution of catches involves several
stakeholders. The catches in question are puffed fish, Goldstripe sardinella and
mackerel. The aims of this study are (1) to find out the distribution pattern of the
catch landed at PPP Asemdoyong. (2) knowing the amount of margin and
marketing profit of the catch. Margin is the price difference between consumers
and producers. This study uses a descriptive method that is used to describe the
distribution pattern of the catch. Marketing margin analysis is known by the
formula MP = Hj - Hb. There are 3 types of marketing channels in PPP
Asemdoyong. The first channel involves 5 marketing actors. The second channel
involves 4 marketers. The third channel involves 3 marketers. The marketing
margin of puffer fish on channel 1 is Rp. 9971 /Kg, Channel 2 Rp. 7,471 /Kg and
channel 3 Rp. 2,651/kg. The marketing margin of Goldstripe sardinella fish
channel 1 is Rp. 7.071 /Kg, channel 2 is Rp. 4,670/Kg and channel 3 is Rp.
2.615/Kg. The marketing margin of Mackerel fish channel 1 is Rp. 10,755/Kg,
channel 2 is Rp. 8,168/Kg and channel 3 is Rp. 4.148 /Kg. The marketing
efficiency of mackerel and mackerel on all channels is classified as efficient. In
fish, Goldstripe sardinella efficient marketing efficiency is only on channel 3 while channel 1 and channel 2 are classified as inefficient because the value
obtained is above 5%.
Keywords: Asemdoyong, Bloated, Goldstripe, Mackerel, Channels, Margin and
Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asemdoyong, Kembung, Tembang, Tenggiri, Saluran, Margin dan Pemasaran, Bloated, Goldstripe, Mackerel, Channels, Margin and Marketing
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:34
Last Modified: 25 May 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11328

Actions (login required)

View Item View Item